Sukses

Sebagai Pengusaha, Apa yang Harus Dilakukan Saat Akhir Pekan Datang?

Liputan6.com, Jakarta Sebagai pengusaha, cara memperlakukan akhir pekan tentu berbeda dengan orang lain. Ketika akhir pekan dimulai, kesempatan tersebut didedikasikan untuk istirahat. 

Namun, ketika seorang pengusaha selalu aktif dan tidak mendedikasikan akhir pekannya untuk istirahat, justru akan memadamkan energi kreatif karena kelelahan di hari kerja.

Sebagai pengusaha, belajar menghargai waktu akhir pekan dan menaruh niat untuk mengkalibrasi ulang adalah cara untuk mengisi bahan bakar bagi diri sendiri. 

Berikut enam hal yang dilakukan oleh pengusaha ketika akhir pekan datang melansir dari laman success, Sabtu (19/12/2020).

1. Tidur

Jika dalam berbisnis, kurang tidur justru akan merusak kesuksesan Anda dalam jangka panjang. Mengapa? Otak Anda tidak bisa berfungsi dengan baik.

Hal tersebut justru akan mengurangi kinerja dan tidak konsentrasi saat melakukan pekerjaan. Anda tidak akan menjadi seinovatif dan tidak akan menghasilkan kapasitas tertinggi dan terbaik yang bisa dilakukan.

2. Berkumpul dengan teman atau keluarga

Habiskan waktu dengan mereka yang tidak membutuhkan Anda untuk terlibat secara intelektual seperti selama seminggu pada saat hari kerja. 

Berhubungan dengan orang yang dicintai pada tingkat emosional mengharuskan Anda untuk mengakses bagian lain dari otak.

Sosialisasi dan cinta adalah makanan penting untuk proses kreatif. Penuhi cangkir yang dipunya dengan orang-orang yang merayakan dan membawa Anda ke level inti sehingga dapat kembali ke minggu kerja dengan energi kreatif yang dibutuhkan untuk sukses.

 

 

2 dari 4 halaman

3. Mengalihkan ke hal selain bisnis

Sebut saja ini permen otak! Ini adalah sesuatu yang Anda baca atau dengarkan yang akan memberi makan sisi kreatif otak. Melakukan diluar bisnis misalnya dengan mendengrkan podcast, menonton pertunjukan, membaca novel hiburan, atau menonton film favorit.

Kegiatan itu memicu percikan kreatif untuk berimajinasi dan bermimpi lebih besar dari sebelumnya. Aktivitas ini menerangi bagian otak kita yang seringkali kurang dimanfaatkan. 

4. Olahraga

Waktu adalah sumber daya yang terbatas, tetapi energi dapat diperluas. Sebagai pengusaha, kita membutuhkan setiap energi yang dapat kita peroleh. Ini adalah sumber kekuatan dan mendorong keunggulan kompetitif Anda. Aktivitas fisik adalah unsur utama untuk menciptakan lebih banyak sumber energi.

Anda tidak harus pergi ke gym atau mengikuti kelas olahraga yang berat. Jalan-jalan. Pergi bermain golf. Berenang atau bersepeda. Ada banyak cara untuk menggerakkan tubuh yang berkontribusi pada peningkatan energi.

 

3 dari 4 halaman

5. Memasak

Seperti halnya gerakan fisik, makanan adalah bahan bakar bagi tubuh dan berkontribusi pada peningkatan energi. Ini juga merupakan upaya kreatif.

Ada banyak sekali situs web hebat dengan resep mudah untuk dilakukan bagi orang yang amatir dalam hal memasak sekalipun. Menghabiskan waktu di dapur adalah cara yang bagus untuk menjauh dari semua layar dan menciptakan sesuatu dengan orang yang Anda cintai.

6. Diam

Temukan waktu untuk duduk dan diam. Mungkin Anda bisa melakukan meditasi atau berdoa atau hanya fokus pada latihan pernapasan. 

Apa pun yang dilakukan, otak perlu melepas lelah dan memproses semua yang telah dilakukan sepanjang minggu.

Seorang pengusaha tidak dapat menemukan ide terbaik jika kepalanya selalu berdengung dan tidak memiliki cukup ruang untuk memunculkan sesuatu yang baru.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini