Sukses

Pentingnya Analisis Data di Era New Normal Demi Genjot Kinerja Bisnis

Liputan6.com, Jakarta - Analisis data menjadi hal yang absolut dibutuhkan di era Industri 4.0. Teknologi analisa data dan teknik digunakan di industri komersial yang memudahkan perusahaan mendapatkan hasil akhir yang lebih baik dan akurat.

Penggunaan dari analisa pun beragam. Mulai dari mengembangkan bisnis, mendiagnosa suatu penyakit hingga untuk optimasi website. Selain itu ada manfaat lain yakni untuk memeriksa sejumlah besar data untuk mengungkap pola tersembunyi, korelasi dan wawasan lainnya. Dengan teknologi saat ini, dimungkinkan untuk menganalisa data anda dan mendapatkan jawaban dengan segera.

Visiting Professor i3l School of Business (iSB) Prof. John Vong menyatakan bahwa keputusan yang baik hanya bisa dibuat dengan adanya data.

“Data science sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang data kuantitatif dan numerik telah menjelma menjadi keahlian yang dicari di era modern saat ini. Penggunaanya sendiri tergantung dari penempatan karir yang dimiliki oleh tiap-tiap orang” ungkap dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (21/11/2020).

John menggaris bawah tiga jenis analisa yang perlu diketahui generasi muda saat ini. Pertama, Analisis Pemasaran (Marketing Analytics) yang merupakan upaya mengukur dan menganalisis kinerja pemasaran untuk mengelola dan memaksimalkan efektivitas kinerja hingga mengoptimalkan laba atas investasi (ROI).

"Teknik analisis ini memungkinkan pemasar menjadi lebih efektif dalam memaksimalkan strategi pemasaran dan efisien dalam mengeluarkan biaya pemasaran," kata dia.

Pemanfaatan analisis pada aktivitas pemasaran ini dapat mendukung proses pembuatan keputusan yang lebih baik di berbagai kanal. Dengan pemanfaatan analisis data, perusahaan dapat meraih otomatisasi pemasaran yang lebih baik. Lalu, analisis menghasilkan informasi (insight) sebagai keunggulan kompetitif.

Analisis data memiliki kapabilitas untuk mengolah interaksi pelanggan menjadi insight yang dapat dijadikan sebagai sumber daya untuk memperkuat loyalitas pelanggan. Melalui analisis yang komprehensif, perusahaan dapat menentukan penawaran yang lebih akurat kepada pelanggan, termasuk model cross-sell dan up-sell maupun beragam kombinasi produk yang sesuai.

"Melalui analisis data pemasaran yang baik, perusahaan juga dapat menyusun proses marketing campaign yang disesuaikan berdasarkan keperluan bisnis atau terkait isu industri tertentu. Setelah dikembangkan, proses tersebut dapat disimpan dan diterapkan ulang apabila dibutuhkan kembali," jelas dia.

2 dari 3 halaman

Data Analisis Selanjutnya

Kedua, Analisis Kesehatan. Penerapan data analisi dalam perawatan kesehatan memiliki dan membuahkan hal hal yang positif bagi dunia kesehatan. Data mengacu pada informasi yang berjumlah besar yang dianalisis oleh teknologi tertentu dan diterapkan pada bidang kesehatan. Ia akan menggunakan data kesehatan tertentu dari suatu populasi dan berpotensi membantu mencegah epidemi dan menyembuhkan penyakit.

John Vong memberikan contoh salah satu penemuannya dalam healthcare analytic. Misalnya, bagaimana bisa mengidentifikasi kondisi kesehatan seseorang menggunakan ponsel. Jadi, aplikasi dalam ponsel tersebut dapat mendiagnosa penyakit saluran pernapasan apa yang sedang diderita seseorang, melalui pola dari batuk tersebut. Maka dapat terdeketeksi pasien terkena penyakit bronchitis atau pneumonia.

“Dengan adanya analisis data kesehatan peluang kesembuhan seseorang pun meningkat. Sebab kita memiliki sejumlah data pasien yang besar dan dapat dipantau tren tertentu sehingga mengarah pada ke kondisi pasien yang lebih baik” ungkap John.

Ketiga, Analisis Web (Web Analytic). Ini merupakan proses mengukur dan menganalisis statistik traffic atau lalu lintas pada sebuah website.

"Dengan web analytics, Anda akan tahu berapa lama pengunjung menelusuri website Anda, siapa mereka dan dari mana mereka berasal. Anda juga dapat mengetahui clickstream, keyword yang digunakan, dan bagaimana mereka bisa mengetahui website Anda. Selain itu, Anda dapat mengetahui berapa kali seorang pengguna atau pengunjung kembali ke website Anda," jelasnya.

Selain itu, web analytics memberikan informasi berupa data yang dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung situs web.

Dengan memahami perilaku pengguna, maka bisa mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan konversi sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya web analytics bisa menampilkan halaman paling populer di situs web, kemudian bisa menambahkan link untuk berbelanja di halaman ini.

"Kita membutuhkan web analytics untuk menilai tingkat keberhasilan situs web dan bisnis terkait. Menggunakan analisis web, kita bisa menilai masalah konten web. Mulai dari memantau arus lalu jumlah pengguna web dan mengidentifikasi masalah untuk segara ada perbaikan. Tujuan utama dari melaksanakan analisis web adalah untuk mengoptimalkan situs web agar dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik," tutup dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: