Sukses

Program Pahlawan Digital UMKM Jaring 20 Inovator, Siapa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mengikuti bootcamp selama tiga pekan pada 23 September hingga 9 Oktober 2020, program Pahlawan Digital UMKM telah menjaring 20 inovator untuk melaju ke tahap selanjutnya.

Mereka ini merupakan para inovator teknologi digital yang fokus membantu UMKM. Mulai dari market place, pelatihan dan pemberdayaan, penyedia jasa manajemen keuangan, sampai jasa perangkat lunak.

“Baik yang lolos atau belum, yakinlah bahwa kalian telah mengambil peran yang akan memulai fase berikutnya dari transformasi UMKM Indonesia. Melihat semangat dan aksi dari seluruh inovator, saya tambah optimistis Indonesia bisa mengubah bonus demografi menjadi dividen demografi. Mengubah potensi menjadi realisasi,” kata Head of Investments Telkomsel Mitra Inovasi, Nazier Ariffin, salah satu juri dalam ajang ini dalam keterangannya, Jumat (16/10/2020).

Juri lain yang turut serta dalam program Pahlawan Digital UMKM ini, ada Redaktur Pelaksana Detik.com, Fitraya Ramadhani; SME Development-Incubation Lead Shopee, Monika Viany; dan Director of Content Rombak Media, Wicak Hidayat.

Dalam sesi Pre-pitching, para juri telah mendengakan presentasi dan melakukan pendalaman dalam sesi tanya jawab. Adapun kriteria penilaian Dewan Juri antara lain terkait visi dan misi, model bisnis, kerja sama tim, kualifikasi founders, kesinambungan, dan pencapaian masing-masing inovator dalam membantu digitalisasi UMKM selama ini.

Selanjutnya, 20 inovator yang berhasil lolos tersebut akan kembali mengikuti tahap pitching dengan dewan juri yang terdiri dari; penggagas Pahlawan Digital UMKM Putri Tanjung, Staf Khusus Menteri Koperasi UKM Fiki Satari, Aldo Rambie dari Facebook dan beberapa professional lain di bidang teknologi digital.

Nantinya akan dipilih 10 pemenang yang akan mendapatkan hadiah dan penghargaan. Selain itu, mereka juga akan menjadi mitra strategis Kementerian Koperasi dan UKM untuk melakukan digitalisasi UMKM. Infomasi tentang Pahlawan Digital UMKM ini bisa diikuti di akun Instagram @pahlawandigitalumkm, @kemenkopukm, dan @putri_tanjung.

 

2 dari 3 halaman

Daftar

Berikut daftar inovator yang lolos ke 20 Besar Pahlawan Digital UMKM 2020:

1. Auto Pilot Store

2. Ayowebs

3. Bonsay

4. Belanjaikan.com

5. Boleh.id

6. Booble.id

7. Chatbiz

8. Credibook

9. Femalepreneur

10. Finata

11. Doit BMI

12. Kopral

13. Krealogi

14. Kururio

15. Lowcost Indonesia

16. Mantab

17. Optima UKM

18. Plaza Dayeuhluhur

19. Restoku

20. Soodu.id

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: