Sukses

Kementerian Koperasi dan UKM Saring 30 Inovator untuk Jadi Pahlawan Digital UMKM

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM melalui program Pahlawan Digital UMKM telah berhasil menyaring 30 inovator terpilih. Nantinya, 30 inovator ini akan menjalani bootcamp yang akan diadakan mulai 23 September 2020 sampai dengan 9 Oktober 2020.

“Kami selalu percaya sama power anak muda Indonesia. Jadi anak bangsa seperti 30 besar pahlawan di sini, itu punya semua punya kesamaan dalam inovasi yang sangat luar biasa, mereka punya kreativitas yang sangat luar biasa, dan mereka punya entrepreneurship mindset. Dimana mereka bisa melihat dari banyak sekali masalah-masalah yang UMKM hadapi mereka bisa memberikan solusi,” ujar Putri Tanjung, Penggagas Pahlawan Digital UMKM, dalam Press Conference Pahlawan Digital UMKM - 30 Inovator Digital UMKM, Senin (21/9/2020).

Pahlawan Digital UMKM adalah sebuah program yang hadir untuk memberi apresiasi kepada para inovator digital UMKM. Sekaligus menjaring inovator muda lain yang sudah memulai inovasi untuk membantu UMKM.

Dalam program ini, Putri Tanjung yang berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM, bertujuan untuk menemukan dan mendukung lebih banyak lagi tech startup, SaaS, dan atau gerakan sosial yang bertujuan untuk membantu UMKM terdigitalisasi.

Selanjutnya, 30 inovator ini akan dilibatkan dalam sebuah bootcamp yang akan diadakan selama 3 minggu mulai 23 September sampai dengan 9 Oktober 2020. Dalam bootcamp itu, akan disaring lagi menjadi 10 besar yang nantinya akan menjadi mitra strategis dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Adapun pengajar dalam bootcamp tersebut, Putri menyebutkan antara lain, dari Grab Indonesia yang akan mengajarkan tentang marketing and product. Kemudian ada Shopee untuk mengajarkan business strategi, Facebook dengan digital marketing. Juga ada Digitaraya, Studio York, hingga Direktur Digital Telkom Fajrin Rasyid.

“Jadi semuanya akan memberikan insight yang bermanfaat untuk 30 besar pahlawan digital UMKM, yang kita harapkan 30 besar ini akan menjadi lebih besar lagi dan akan bisa berkontribusi lagi lebih besar lagi untuk UMKM di Indonesia,” tutur Putri.

 

2 dari 3 halaman

Daftar 30 Inovator

Adapun 30 inovator tersebut, yakni:

1. AppOn

2. Auto Pilot Store

3. ayowebs

4. Belanjaikan.com

5. Bisnisternak.id

6. Boleh.id

7. Bonsay

8. Booble.id

9. Cabag

10. Chatbiz.id

11. CrediBook

12. DOIT BMI

13. Femalepreneur Indonesia

14. Gets id

15. Hey Indonesia

16. Kang Duren

17. Keroncongantar

18. Klik Direktori

19. Kopral

20. Krealogi

21. Lapak Cerdas

22. Lowcost Indonesia

23. Optima UKM

24. Plaza Dayeuhluhur

25. Restoku

26. Soodu.id

27. Mantab

28. Finata

29. Kururio

30. Gardha Catering.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: