Sukses

Cara Tepat Bilang ke HRD Saat Mempertimbangkan Tawaran Perusahaan Lain

Liputan6.com, Jakarta Mungkin beberapa orang masih ingat, kegalauan artis tanah air, Maudy Ayunda, yang bingung memilih untuk menjadi mahasiswi Universitas Stanford atau Harvard. Betapa menyenangkanya memang, jika kegalauan yang ada merupakan karena terlalu banyak pilihan.

Dalam dunia kerja pun, situasi tersebut bisa saja terjadi oleh beberapa atau mungkin banyak orang. Pernahkan Anda berada di posisi saat beberapa perusahaan mungkin sudah memberikan kesan ketertarikan, tapi masih Anda sendiri justru ingin menunggu jawaban dari tawaran yang lebih menarik?

Kalau iya, maka ini tips dari J.T O'Donnel yang merupakan CEO dari Work it Daily untuk solusi masalah tersebut, Senin (19/10/2020):

1. Jangan Memberikan Informasi Secara Berlebihan

Memberikan terlalu banyak informasi akan tawaran kerjaan dari berbagai perusahaan, bisa mengancam kesempatan tawaran dari pihak HRD.

Misalnya, perusahaan A mengetahui, bahwa seseorang sedang mempertimbangkan tawaran pekerjaan lainnya, maka pihak A mungkin akan menurunkan prioritas untuk bisa mempekerjakan orang tersebut.

Alasannya jika perusahaan A tahu bahwa mereka bukan prioritas orang tersebut, maka tawaran tersebut justru bisa dicabut. Karena logikanya, mengapa sebuah perusahaan ingin mempekerjakan seseorang yang masih ingin bekerja di tempat lain. Jadi berhati-hatilah

 

2 dari 3 halaman

2. Berbohong Demi kebaikan

Semua perusahaan tidak suka dengan karyawan yang tidak bisa dipercaya. Tapi terkadang untuk bisa menghasilkan jalan terbaik, berbohong perlu dilakukan setidaknya bisa memberikan kamu waktu untuk memikirkan tawaran lain.

Misalnya dengan beralasan, untuk ingin lebih merincikan surat tawaran kerja dari perusahaan A supaya bisa mendiskusikan dengan keluarga dan perlu waktu untuk memberikan respon.

Karena HRD biasanya akan menghargai alasan tersebut, dari waktu yang telah diberikan untuk merespon ini justru bisa digunakan untuk menunggu dan mempertimbangkan pekerjaan di perusahaan lain.

Jadi jika perusahaan B tidak menerima lamaran Anda, pilihan perusahaan A masih berlaku. Hal terburuk yang bisa Anda lakukan, adalah menolak tawaran perusahaan A, saat merasa tidak sopan ketika menunggu kabar perusahaan B.

Karena bukan rahasia umum lagi, bahwa mencari kerja dari waktu ke waktu semakin menjadi kompetitif. Jadi bersikap cermatlah dalam menangani masalah tersebut.

Reporter: Yoga Senjaya

3 dari 3 halaman

Tonton Video Ini