Sukses

Berlian Langka Pecahkan Rekor Lelang Harga Termahal, Sentuh Rp 317 Miliar

Berlian ini di akhir lelang berhasil didapatkan oleh seorang kolektor dari Jepang yang menamai permata ini sebagai “Maiko Star”.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah berlian langka sukses terjual lewat acara lelang online dengan harga USD 21,8 juta atau kurang lebih Rp 317,15 miliar (estimasi kurs 14.751 per dolar AS). Lelang ini dilakukan tanpa harga minimum yang ditetapkan oleh pihak lelang.

Dikutip dari 9news.com, Rabu (7/10/2020), berlian dengan kadar 102,93 karat ini berhasil terjual dalam lelang tanpa adanya penetapan harga minimum. Proses lelang ini sekitar tiga minggu untuk bisa mendapatkan pemenang dengan harga tertinggi.

Berlian ini sendiri menarik begitu banyak kolektor, karena peringkat 4C yang dipunyai oleh permata ini. Peringkat 4C merupakan sebuah metode untuk mengukur kualitas sebuah berlian dari sisi potongan, warna, kemurnian, dan berat karat.

Batu berlian yang berhasil dijual dengan harga rekor tertinggi pada kegiatan lelang online ini, diklasifikasikan sebagai D Color, yang merupakan peringkat kualitas tertinggi yang bisa didapatkan dari sebuah berlian putih atau dalam kata lain sempurna.

Berlian ini pun di akhir lelang berhasil didapatkan oleh seorang kolektor dari Jepang yang menamai permata ini sebagai “Maiko Star”. Nama yang diberikan tersebut didapatkan, karena terinspirasi dari salah satu anak perempuan dari kolektor itu sendiri.

Walaupun acara lelang ini dilakukan secara online mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung, banyak kolektor maupun penggemar berlian tetapi antusias untuk bisa mendapatkan berlian langka ini.

Salah satu jajaran dari Sotheby Asia, Patti Wong, menyatakan dengan kualitas berlian yang sempurna, pihak lelang tidak perlu khawatir dengan penetapan harga minimum.

Berlian dengan kualitas seperti ini akan menunjukan harga dan nilainya sendiri melalui semangat dan keinginan dari para kolektor ataupun penggemar batu permata”. Jelas Patti.

Di samping permata putih bisa menarik begitu banyak peminat dan harga yang tinggi di sebuah acara lelang, permata pink, biru dan lainnya ternyata juga pernah menarik lebih banyak perhatian berbagai pihak. Pada tahun 2017, permata pink dengan berat 59,60 karat pun berhasil terjual sebesar USD 71,2 Juta di Sotheby, Hong Kong.

 

Reporter: Yoga Senjaya Putra

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.