Sukses

Pertamina Putar Otak agar Pendapatan Mitra Binaan Tak Terus Anjlok Saat Pandemi

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi covid-19 ini telah memberikan pukulan hebat bagi dunia usaha, termasuk UMKM. VP Corporate Communication PT Pertamina, Fajriyah Usman menyebutkan, sebanyak 50 persen mitra binaan Pertamina turut menjadi bagian yang terdampak berupa penurunan pendapatan. Sehingga menjadi kewajiban Pertamina untuk mendukung kelangsungan hidup UMKM yang menjadi binaannya.

“Jadi Pertamina menyerap produk dari UMKM binaan ini untuk disalurkan kepada masyarakat ataupun kepada pihak-pihak yang terdampak covid- 19, dengan total nilai lebih dari Rp 3 miliar dalam 3 bulan terakhir ini dari 176 UMKM, dengan lebih dari 10000 produk yang kita pergunakan,” ujar dia dalam webinar BUMN Energi di tengah pandemi, Sabtu (19/9/2020).

Adapun penjualan produk UMKM dukungan Pertamina senilai Rp 11,58 miliar. Termasuk dukungan di 25 rumah BUMN dan membawahi lebih dari 6.518 mitra binaan. Upaya lain yang dilakukan oleh Pertamina adalah memberikan edukasi dan pelatihan-pelatihan yang relevan dengan perkembangan situasi saat ini, termasuk digitalisasi.

“Kami melakukan edukasi untuk UMKM dapat beradaptasi di tengah pandemi ini. Selain latihan secara digital, kami berusaha mereka membuat mitra binaan kami melek teknologi. Jadi menyelenggarakan online training ini beberapa kali dan diikuti oleh ribuan UMKM Mitra binaan. Kemudian juga ada WhatsApp grup khusus Mitra binaan, jadi di sini tempat untuk berbagi informasi,” kata Fajriyah.

Selain itu juga ada business matching. Dimana masing-masing UMKM saling melengkapi dalam proses produksinya. Misalnya, ada UMKM yang menyediakan hampers, maka sebaiknya isian hampers juga dibeli dari sesama UMKM binaan Pertamina.

“Kemudian optimalisasi rumah BUMN. Ini kita bentuk juga bersama sebagai wadah Pertamina untuk membentuk UMKM yang lebih modern. Kemudian digitalisasi dan ecommerce ini adalah salah satu bentuk kami untuk mereka bisa familiar dengan transaksi digital dan juga pengembangan pasar e-commerce. Ini kita bekerjasama dengan Tokopedia, memberikan pelatihan-pelatihan,” jelas Fajriyah.

Selanjutnya, ada adalah virtual exhibition Pertamina SMEXPO 2020 yang telah diselenggarakan pada 9-11 September lalu

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertamina Kucurkan Rp 3,5 Triliun untuk 63 Ribu Mitra Binaan Sejak 1993

Sebelumnya, PT Pertamina Persero telah menyalurkan Rp 3,5 triliun dan untuk 63.000 UMKM yang tergabung dalam program kemitraan sejak 1993. Hal ini sebagai bagian dari tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan.

“Jadi dalam penyaluran program kemitraan ini, Pertamina juga telah bersinergi dengan berbagai instansi untuk mengoptimalkan penyaluran, juga agar tepat sasaran. Baik itu di level Kementerian yang level BUMN maupun level swasta lainnya,” ujar VP Corporate Communication PT Pertamina, Fajriyah Usman dalam webinar BUMN Energi di tengah pandemi, Sabtu (19/9/2020).

Fajriyah menyebutkan beberapa Kementerian yang menjadi partner strategis. Diantaranya ada Kemenko Maritim dan Investasi yang membawahi sekitar 1000 mitra binaan dengan nilai penyaluran Rp 100 miliar. Kemudian ada Kemenko Perekonomian dengan lebih dari 58 mitra binaan dengan nilai penyaluran Rp 6,27 miliar.

“Ini ada 1000 mitra binaan kami di bawah koordinasi dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, dan juga Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ini juga terdapat lebih dari 58 mitra binaan. Karena memang ini adalah khusus untuk pembiayaan usaha kecil di sektor pangan, ini sudah lebih dari Rp 6 miliar nilai penyaluran yang sudah kami sampaikan,” jelas dia.

Selain itu juga ada penyaluran program kemitraan melalui Perum Perikanan Indonesia untuk penambak udang. Jumlahnya, ada 1000 mitra binaan penambak udang dengan dana yang sudah terealisasi sebesar Rp 92 miliar.

“Kemudian juga dengan PTPN, ini juga bekerjasama dengan petani tebu ada 48.521 mitra binaan. Dan dengan PT Bahana Artha Ventura ini juga kami akan melakukan kerjasama dalam jangka waktu kedepannya dengan nilai penyaluran lebih dari Rp 150 miliar,” beber Fajriyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina