Sukses

Jangan Senang Dulu, Tanyakan 5 Hal Ini ke Diri Sendiri Sebelum Terima Tawaran Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang tahu betapa sulitnya untuk mendapatkan pekerjaan yang baik dan tentunya diinginkan. Tentunya ketika Anda mendapatkan surat penawaran setelah melewati semua rintangan, wawancara dan persaingan yang ketat, Anda pasti akan langsung menerima tawaran tersebut.

Alih-alih langsung menerimanya, akan lebih bijaksana untuk berterima kasih kepada perusahaan atas tawaran yang diberikan dan kemudian luangkan waktu untuk membiarkan kegembiraan mereda sebelum Anda membalas surat tersebut.

Gunakan waktu luang Anda untuk membaca surat penawaran dan mengevaluasi apakah semuanya sudah sesuai dengan yang Anda minta. Setelah itu Anda perlu untuk mengajukan beberapa eprtanyaan kepada diri sendiri untuk memahami mengapa harus menerima pekerjaan itu.

Lantas pertimbangan apa saja yang harus dipikirkan sebelum membalas dan bergabung ke perusahaan yang sudah menerima Anda? Melansir dari Timesofindia, Rabu (9/9/2020) berikut ulasannya yang bisa Anda ikuti

1.  Apakah Anda Memahami Pekerjaan yang akan Dilakukan

Seringkali terburu-buru menerima surat penawaran sehingga Anda cenderung mengabaikan salah satu aspek terpenting yaitu peran atau pekerjaan yang perlu dilakukan setiap harinya.

Terkadang surat penawaran tidak mencerminakan apa yang sudah dibuat dan dijanjikan selama wawancara ataupun negosiasi sedang berlangsung. Yang tertulis di surat penawaran dianggap final sehingga harus lebih bijaksana untuk membacanya dengan hati-hati.

2 dari 4 halaman

Pertimbangan Berikutnya

2. Akankah Gaji Sesuai dengan Pengalaman, Keterampilan dan Peran yang akan Anda Mainkan?

Sangatlah penting untuk meluangkan waktu sejenak dan memahami apakah gaji yang ditawarkan akan sesuai dengan pengalaman, keterampilan dan peran yang akan Anda kerjakan selama bertahun-tahun.

Sekali Anda berkompromi dengan gaji, akan sangat sulit untuk mengoreksi gaji Anda nantinya.

3. Apakah Anda Setuju dengan Semua Kebijakan perusahaan?

Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Sambil melihat kebijakan perusahaan, bacalah tentang nilai dan tujuan mereka. Mengetahui berapa tingkat rata-rata penilaian tahunana dapat membantu memahami pertumbuhan Anda di perusahaan.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Akankah Pekerjaan Ini Membantu Mencapai Tujuan Profesional Anda?

Kita semua memiliki tujuan professional yang berbeda dan dengan bekerja keras maka bisa untuk mencapainya. Jadi sebelum menerima surat penawaran, tanyakan pada diri Anda sendiri ke mana pekerjaan ini akan membawa Anda kedepannya?

Merenungkan beberapa pertanyaan akan emmbantu menjernihkan pikiran dan akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang apakah Anda harus menerima surat penawaran atau tidak.

 

5. Apakah Anda Senang Mendapatkan Tawaran Itu atau Benar-Benar Bersemangat dengan Pekerjaan Itu?

Ketika mendapatkan surat penawaran untuk suatu pekerjaan, Anda berhak untuk bersemangat. Jika Anda bersemangat karena sangat menyukai pekerjaan itu dan bergabung dengan organisasi pada peran yang ditawarkan akan membantu memajukan peran professional, maka Anda berada di jalur yang benar.

 

Reporter: Tasya Stevany

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: