Sukses

Anda Tipe Bos atau Pemimpin? Cari Tahu di Sini

Hal paling penting adalah hampir setiap orang bisa menjadi bos, tetapi untuk pemimpin lebih sulit didapat.

Liputan6.com, Jakarta Ada perdebatan panjang tentang apakah pemimpin yang baik dilahirkan atau dibuat. Tetapi pertama-tama, Anda perlu memahami perbedaan antara bos dan pemimpin.

Melansir dari lifehack.org, Rabu (19/8/2020) istilah bos dan pemimpin sering kali digunakan secara bergantian, dan dengan alasan yang bagus. 

Ada banyak tumpang tindih dalam artinya. Tetapi ada perbedaan-perbedaan kecil, yang paling penting adalah bahwa hampir setiap orang bisa menjadi bos, pemimpin lebih sulit didapat. 

Beberapa perbedaan antara bos dan pemimpin:

1. Seorang bos mengelola pekerjaan, seorang pemimpin menginspirasi orang. Seorang bos akan memberikan tugas dan tugas kepada tim mereka, memantau kemajuan dan menilai hasilnya. Seorang pemimpin menginspirasi orang untuk secara sukarela berkontribusi pada keberhasilan suatu organisasi.

2. Seorang bos selalu memiliki jawaban, seorang pemimpin selalu mencari solusi. Bagian dari kepemimpinan adalah melatih karyawan Anda. Ini tidak hanya membantu membangun kekompakan dalam tim, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk membangun keterampilan memecahkan masalah karyawan Anda dan memajukan karier mereka

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bos atau Pemimpin

3. Seorang bos memantau nilai, seorang pemimpin menciptakan nilai. Setiap karyawan perlu membawa nilai kepada organisasi, dan nilai itu harus lebih besar daripada biaya karyawan itu kepada perusahaan.

Seorang pemimpin yang baik mampu mengenali keahlian unik karyawan mereka dan memanfaatkannya dengan cara yang memaksimalkan bakat mereka untuk kepentingan perusahaan

Ini hanyalah beberapa perbedaan antara bos dan pemimpin, tetapi Anda mendapatkan maksudnya. Nah, dari pengertian di atas Anda termasuk bos atau pemimpin? Dan tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Reporter: Erna Sulistyowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.