Sukses

NUFF 2020, Menteri Erick Thohir dan Teten Masduki Bagi Strategi Bisnis Produk UMKM Tembus Pasar Global

Liputan6.com, Jakarta Mengembangkan bisnis dan produk UMKM membutuhkan langkah-langkah dan strategi yang tepat. Terlebih di situasi pandemi saat ini yang memberikan tekanan ekonomi besar. Banyak pelaku UMKM yang mengalami kesulitan ekonomi, dari omset menurun drastis hingga usahanya tutup atau gulung tikar. 

Sebagai bentuk dukungan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM), pemerintah meresmikan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Sejalan dengan gerakan nasional ini, Kementerian BUMN melalui Bank BRI selaku lembaga perbankan terbesar milik negara mempersembahkan program Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020. 

Acara tersebut merupakan sebuah perhelatan mode virtual terbesar pertama di Indonesia dan berkolaborasi dengan lebih dari 300 UMKM serta pegiat industri mode. NUFF 2020 yang berlangsung dari 1-31 Agustus 2020 ini, menghadirkan karya 75 karya perancang, label dan UMKM mode dalam Virtual Fashion Show. Lebih dari 50 pembicara dalam Fashion Talks dan produk kolaborasi spesial desainer dengan brand lokal yang akan dihadirkan dalam Charity Auction.

Para pembicara yang hadir tak hanya dari kalangan profesional, pengusaha, pelaku bisnis dan UMKM, melainkan juga dari kalangan pemerintah. Seperti Menteri BUMN, Erick Thohir dan Menteri Koperasi UKM, Teten Masduki. 

Menteri Erick Thohir bersama Deputy Editor In Chief at SCM, Retno Pinasti akan menjadi pembicara dengan tema "How SOEs Boost Creative SMEs" yang berlangsung mulai pukul 13.30 WIB, pada hari Minggu, 16 Agustus 2020.

Sehari kemudian, pada 17 Agustus 2020, pukul 14.00 WIB, giliran Menteri  Teten Masduki bersama Brand Practitioner & Host of Brand Adventure, Arto Biantoro bakal membahas tentang "Elevating Indonesian SME To Global Standard" . Keduanya bakal berbagi informasi dan strategis  meningkatkan bisnis dan produk UMKM untuk bisa bersaing di pasar global.

Selain Menteri Erick Thohir dan Teten Masduki. Hadir juga pembicara lain dari kalangan profesional. Seperti pada hari Minggu nanti ada Dien T.B dari Famous Allstars dan desainer, Rinaldy A. Yunardi yang bicara tentang " Designing Crown for Divas. Kemudian pada hari Senin ada CMO of Samara Media & Entertainment, Desy Bachir ; CMO of Paragon Technology & Innovation, Salman Subakat dan Dian Pelangi juga hadir sebagai pembicara. Ketiga bakal ada di "segmen Building Good Business with Good Purpose" yang dimulai pukul 15.00 WIB.

Menariknya di tanggal 16 dan 17 Agustus nanti bakal ada Virtual Fashion Show dan Virtual Gala Show mempresentasikan karya dari 75 desainer dan label mode dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia ke-75.

Program Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 mendapatkan dukungan penuh dari Bank BRI. Direktur Konsumer Bank BRI. Handayani mengatakan BRI mendukung penuh kegiatan ini, salah satu tujuannya adalah membantu UMKM berjuang di tengah pandemi Covid-19. Keterlibatan UMKM dalam kegiatan ini dengan harapan dapat menjadi sarana promosi sekaligus membantu penjualan produk lokal buatan Indonesia,” ungkap Handayani

Handayani menambahkan bahwa salah satu sektor industri padat karya dengan ekosistem luas yang terkena dampak pandemi adalah mode. UMKM mode saat ini telah bertransformasi dan sangat beragam mulai dari pengrajin kain tradisional sampai dengan label lokal modern. 

“Kondisi saat ini menuntut adanya inovasi-inovasi untuk membantu industri mode terus bertahan,” jelasnya. 

Menggandeng lebih dari 300 kolaborator dan mengusung konsep virtual, festival ini menghadirkan pengalaman mode yang dikemas secara digital bagi pecinta mode. Mempersembahkan karya kolaborasi lintas profesi dari industri kreatif untuk menampilkan sinematografi serta panggung virtual terbaik untuk pengalaman menyaksikan kreasi mode yang tak terlupakan.

Selain itu, gelaran NUFF 2020 bertujuan untuk memperlihatkan talenta dan karya pegiat mode serta kualitas produk UMKM Indonesia. 

CEO Samara Media & Entertainment, Ben Soebiakto menjelaskan NUFF 2020 sebagai festival mode virtual terbesar pertama Indonesia mempersembahkan inovasi digital terbaru. NUFF 2020 menghadirkan konsep ekosistem online yang terintegrasi, mulai dari live streaming sampai e-commerce, yang dapat dimanfaatkan sebagai platform bagi UMKM serta pelaku industri mode untuk bertemu, berkolaborasi, dan bertumbuh. 

"Kami ingin festival mode virtual ini dapat memberikan inspirasi kepada pegiat industri mode dan menyambut ide-ide kreatif yang dapat memajukan ekonomi kreatif Indonesia. Untuk itu berbagai persiapan telah kami lakukan dengan menampilkan program inspiratif, profil, dan produk yang menjadi Bangga Buatan Indonesia,” ungkap Ben Soebiakto.

NUFF 2020 juga  menggelar Charity Auction sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku industri mode yang terkena dampak dari pandemi. Program ini akan melelang produk mode hasil kolaborasi spesial antara seniman dan label lokal. Hasil lelang akan diberikan bagi sektor industri mode Indonesia yang membutuhkan. 

Berbagai produk UMKM terbaik yang terlibat dalam rangkaian NUFF 2020 juga akan bisa didapatkan di Tokopedia dan Bukalapak sebagai official e-commerce partners NUFF 2020.

Seluruh rangkaian NUFF 2020 ini dapat disaksikan secara live stream di nusantarafashionfestival.com. Semua informasi lebih lanjut terkait NUFF 2020 juga bisa didapatkan di situs tersebut dan akun instagram @nuff.id.

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman