Sukses

Elnusa Tebar Dividen Rp 89 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - PT Elnusa Tbk menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Rabu (8/7/2020). Terdapat beberapa agenda dalam RUPST, salah satunya penetapan penggunaan laba bersih 2019.

Berdasarkan hasil rapat, Elnusa akan membagikan dividen tunai senilai Rp 89 miliar atau sekitar 25 persen dari laba bersih perusahaan yang tercatat sebesar Rp 356 miliar.

"Dividen akan dibagikan sebesar Rp 12,11 per lembar saham dan akan dibayarkan 30 hari setelah RUPST," ujar jelas Head of Corporate Communications Elnusa Wahyu Irfan dalam keterangan pers, Rabu (8/7/2020).

Elnusa juga menetapkan penggunaan laba bersih sebesar 3,01 persen atau Rp 10,74 miliar sebagai cadangan wajib, lalu mengalokasikan 71,99 persen atau Rp 256,61 miliar sebagai retained earnings Elnusa.

Dalam paparannya, Wahyu juga membeberkan jadwal pembagian dividen Elnusa, diantaranya sebagai berikut:

1. Cum Dividen (akhir periode perdagangan saham dengan hak deviden) di pasar reguler dan negosiasi :16 Juli 2020

2. Cum Dividen di pasar tunai: 20 Juli 20200

3. Ex Dividen (akhir periode perdagangan saham dengan hak deviden) di pasar reguler dan negosiasi: 17 Juli 2020

4. Ex Dividen di pasar tunai: 21 Juli 2020

5. Tanggal daftar pemegang saham yang berhak atas dividen (recording date): 20 Juli 2020

6. Tanggal pembayaran dividen tunai Elnusa: 7 Agustus 2020.

2 dari 2 halaman

Ali Mundakir Ditunjuk Jadi Dirut Baru Elnusa

Sebelumnya, PT Elnusa Tbk, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang memiliki fokus bisnis penyedia jasa energi menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2019 di Graha Elnusa, Jakarta, Rabu (8/7/2020).

Dalam RUPST yang digelar dengan penerapan protokol new normal, terdapat beberapa agenda yaitu penggunaan laba bersih dan persetujuan perubahan pengurus perusahaan.

Hasil rapat RUPST Elnusa memutuskan untuk mengangkat Ali Mundakir sebagai Direktur Utama menggantikan Elizar Parlindungan Hasibuan. Direktur SDM dan Umum, di kepengurusan yang baru, dijabat oleh Tenny Elfrida, menggantikan RM Happy Paringhadi JS.

Sedangkan nama Narenda Widjajanto digantikan oleh Agus Prabowo pada jabatan Komisaris Utama. Pun, nama Eman Salman Arief juga tidak tercatat menjadi bagian dari susuran komisaris.

"RUPST juga menyetujui perubahan susunan pengurus Perseroan untuk anggota Dewan Komisaris maupun Direksi. Elnusa memberikan apresiasi tinggi atas kontribusi anggota Dewan Komisaris dan Direksi yang telah selesai masa baktinya," ujar Head of Corporate Communications Elnusa Wahyu Irfan dalam konferensi pers, Rabu (8/7/2020).

Dengan demikian, berikut perubahan susunan direksi dan komisaris Elnusa:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Agus Prabowo

Komisaris : Antonius Ratdomopurbo

Komisaris Independen : Anis Baridwan

Komisaris Independen : Lusiaga Levi Susila

Dewan Direksi

Direktur Utama : Ali Mundakir

Direktur Keuangan : Hery Setiawan

Direktur SDM & Umum : Tenny Elfrida

Direktur Pengembangan Usaha merangkap Direktur Operasi (Direktur Independen): Arief Riyanto.