Sukses

Gaya Erick Thohir Memasak di Dapur Umum Penanganan Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir bersama Tim Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19 DPR RI mengunjungi dapur umum atau Posko Masak JS2 di Jalan Raya Cilandak KKO, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (6/6/2020).

Dengan menggunakan masker, Erick Thohir tak segan-segan ikut memasak di dapur umum tersebut berasama juru masak lainnya.

“Posko Masak ini merupakan inisiasi DPR RI yang bersinergi dengan dengan Kementerian BUMN. Sampai hari ini Posko Masak telah mendistribusikan 500 ribu nasi bungkus dengan kapasitas 20.000 nasi bungkus/hari,” kata Erick Thohir di lokasi, Sabtu (6/6/2020).

Pembentukan sinergi Posko Masak ini merupakan inisiasi DPR RI yang menggandeng KBUMN sebagai penanggungjawab dan penyedia kebutuhan bahan baku yang dibentuk sejak 4 Mei hingga menjelang lebaran menjadi wadah penyelenggaraan pengolahan makanan bagi warga yang terdampak Covid-19 yang didirikan di lima wilayah DKI Jakarta yaitu: Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Jakarta Selatan yang masing-masing memiliki dua posko di satu wilayah dengan total ada 10 Dapur Umum. Makanan yang telah siap dibagikan kepada masyarakat melalui ketua RT dan RW untuk menghindari pengumpulan massa.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, dia ingin memastikan pelayanan makanan yang diberikan kepada masyarakat dapat berlangsung maksimal.

“Kami akan terus membuka dapur umum sampai masa PSBB berakhir agar dapat membantu memenuhi kebutuhan makanan masyarakat. Makanan disiapkan dengan gizi yang seimbang sehingga kesehatan masyarakat tetap terjaga. Saya ikut makan juga tadi, masakannya enak dan porsinya pas. Semoga masyarakat terbantu dengan adanya dapur umum ini,” lanjut Menteri BUMN ini.

 

2 dari 2 halaman

Bantu Kebutuhan Pangan saat PSBB

Dapur umum ini didirikan guna membantu masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan makanan selama PSBB.

Beberapa BUMN turut berpartisipasi misalnya Surveyor Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Nindya Karya (Persero), PT Bukit Asam (Persero) Tbk dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk bersinergi dengan Satgas DPR-RI.