Sukses

Bansos Rp 61,4 Triliun Sudah Tersalurkan ke Masyarakat hingga Akhir April

Realisasi belanja bansos sampai April 2020 tumbuh 13,7 persen.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah sudah menyalurkan bantuan sosial sebesar Rp 61,4 triliun hingga 30 April 2020. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp54 triliun.

"Untuk bantuan sosial ini adalah salah satu yang di push oleh pemerintah terutama memasuki periode Covid ini reliasinya sudah Rp 61,4 triliun lebih tinggi dibanding tahun lalu Rp 54 triliun ini lebih tinggi 13,7 persen," ujar Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Jakarta, Rabu (20/5/2002).

Realisasi belanja bansos sampai April 2020 tumbuh 13,7 persen untuk mendukung jaring pengaman sosial menghadapi pandemi Virus Corona melalui pemberian berbagai macam bantuan.

Di antaranya program keluarga harapan bagi 9,96 juta KPM yang mulai April disalurkan secara bulanan.

"Kedua, kartu sembako dengan indeks Rp200.000 per KPM per bulan yang diperluas bagi 17,9 juta KPM. Ketiga penyaluran bansos sembako untuk keluarga penerima manfaat DKI Jakarta dan Bodebek. Kemudian, penyaluran bansos tunai bagi keluarga penerima manfaat diluar Jabodetabek," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Konsumsi

Pemberian bantuan sosial tersebut perlu dilakukan untuk menjaa konsumsi masyarakat di tengah pandemi Virus Corona.

"Ini tentu sesuatu yang terus kita dorong untuk menjaga konsumsi masyarakat terutama masyarakat di kelas menegah ke bawah," jelas Suahasil.

Belanja bansos ini tersebar dibeberapa kementerian antara lain Kemendikbud sebesar Rp3,3 triliun, lalu Kemenkes sebesar 24,2 triliun, Kemenag sebesar 0,3 triliun dan kemensos sebesar 33,5 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

Video Terkini