Sukses

Waspada, Jangan Sampai Orang Lain Tahu 3 Hal Penting Pada Kartu Bank

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan kartu debit atau kredit telah menjadi lumrah untuk keperluan transaksi. Mulai dari transfer, pembayaran sampai belanja untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi kini sedang tren cashless society yang mengedepankan transaksi non-tunai.

Dengan kemudahan yang didapat terkadang beberapa orang acuh mengenai kartu tersebut. Ingat, selain harus rajin mengganti nomor PIN secara berkala pada kartu Anda, ada beberapa hal penting yang patut Anda jaga agar terhindar dari pencurian.

Nomor kartu

Tepat pada depan kartu debit atau kredit Anda, nomor kartu ini sangat penting untuk menjaga informasi yang terdapat pada kartu tersebut. Memiliki 16 digit di depannya, angka tersebut  bukan hanya urutan angka semata. Ada artinya dalam nomor kartu tersebut.

Pertama Anda bisa melihat pada digit pertama itu merupakan sistem identifikasi. Lalu, untuk angka berlogo Visa biasanya memiliki angka 4, sedangkan untuk logo Mastercard dimulai dari angka 5.

Lalu, untuk 5 digit berikutnya merupakan nomor bank penerbit kartu dan 9 digit terakhir merupakan cara bank untuk mengidentifikasi pemilik kartu.

Nah, jika kartu itu hilang atau dicuri oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab, bisa jadi informasi pada kartu bisa dicuri dan dimanfaatkan.

Expiry date

Masa kartu debit dan kredit memiliki masa berlaku untuk digunakan. Sama seperti SIM, kartu itu biasanya memiliki masa berlaku selama 5 tahun. Sebagai contoh, jika Anda memiliki kedaluwarsa pada kartu 3 Juni 2020, lewat dari waktu itu kartu bank Anda tidak bisa digunakan lagi.

Untuk menggunakanya, Anda perlu menghubungi bank terkait untuk mengganti kartu dengan yang baru.

Cardholder verification (CVV)

Selain mengetahui pentingnya 16 digit pada kartu depan, Anda juga perlu mengetahui nomor tiga digit pada bagian belakang kartu. Yap, itu merupakan Cardholder verification (CVV).

CVV merupakan tiga atau empat digit kode keamanan rahasia yang disematkan di balik kartu Anda (nomor otorisasi manual untuk kartu supaya bisa melakukan transaksi). Untuk lebih amannya, Anda bisa juga menutup  tiga angka CVV itu dengan kertas atau stiker sehingga tidak mudah diketahui orang lain.

Kalau sudah begitu, alangkah baiknya Anda perlu menyimpan kartu kredit atau debit di dompet dengan baik. Kalau pun Anda cemas kartu itu hilang atau dicuri, Anda bisa simpan kartu di Dompet Digital DANA.  

Salah satu fitur terbaik dari DANA itu, bisa menjaga kartu Anda dengan aman. Pasalnya, DANA memiliki sistem keamanan DANA Protection yang mampu memberikan jaminan proteksi bagi penggunannya.

Dengan fitur itu DANA menjamin 100 persen keamanan dan kenyamanan pengguna. DANA juga memberikan garansi uang kembali jika terjadi kehilangan uang yang disebabkan oleh gangguan atau permasalahan pada saat transaksi sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku, Anda bisa cek info tentang DANA Protection langsung di aplikasi DANA.

Penasaran, Anda bisa memanfaatkan fitur itu dengan membuka aplikasi DANA pada ponsel. Lalu, tap saya dan pilih Kartu Tersimpan. Pilih kartu baru untuk simpan kartu kredit dan debit Anda. Ingat, sebelum simpan kartu, Anda perlu mengubah akun DANA Premium dahulu. 

Setelah itu, Anda ketik detail informasi kartu. Mulai dari nomor kartu, masa berlaku dan CVV atau tiga digit kode di bagian belakang kartu.

Tapi sebelumnya, pastikan kartu bank sudah didaftarkan terlebih dahulu atau 3D secure sehingga dapat digunakan untuk transaksi online

Setelah itu dengan memasukkan 6 digit OTP yang dikirimkan dari bank dan Anda akan mendapatkan notifikasi jika kartu sudah berhasil disimpan dalam DANA.

Perlu diketahui, DANA hanya menyimpan kartu saja tanpa mengetahui informasi yang terdapat pada kartu tersebut, karena saat kartu bank disimpan DANA hanya menerima kode khusus yang menandakan bahwa kartu tersebut milik Anda. Aman kan!

Dengan begitu, jika Anda ingin bertransaksi Anda bisa menggunakan aplikasi DANA. Kalau pun saldo tak mencukupi, Anda bisa menggunakan kartu bank yang tersimpan, atau bisa menggunakan fitur Mix Pay di DANA.

Belum lagi, simpan kartu di DANA Anda bisa berkesempatan dapat voucher dan promo menarik.Cek info promo kartu bank di sini.

Pakai DANA lebih mudah dan aman!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini