Sukses

Pertamina Sebut Harga BBM Tak Berubah Meski Minyak Dunia Naik atau Turun

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) tengah gencar memberikan promo untuk beragam segmen konsumen berupa cashback pembelian BBM jenis tertentu. Melalui program ini, masyarakat bisa menikmati BBM lebih hemat, tentunya melalui aplikasi MyPertamina dengan pembayaran melalui dompet digital LinkAja.

Meski demikian, VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman meluruskan bahwa pemberian program cashback puluhan persen ini tidak ada kaitannya dengan penyesuaian harga minyak dunia yang turun, yang dinilai menjadi faktor utama perusahaan penyedia bahan bakar bisa menurunkan harga BBM.

"Mungkin sudah disampaikan sebelumnya, bahwa harga BBM Pertamina sampai sekarang masih sama, minyak dunia naik atau turun, sejak 2016 stabil tidak ada kenaikan, harga tetap seperti yang ada sekarang," kata Fajriyah dalam konferensi pers virtual, Minggu (3/5/2020).

Lebih lanjut, program cashback yang digelontorkan memang merupakan bentuk perhatian Pertamina agar masyarakat dapat menyesuaikan budget dalam mengkonsumsi BBM.

Pertamina akan terus memantau segmen masyarakat yang perlu diperhatikan kebutuhan energinya, terutama dalam masa pandemi Corona seperti sekarang.

Lebih lanjut, kata Fajriyah, pihaknya akan terus memonitor dan mengawasi harga minyak dunia. Seperti yang diketahui, harga minyak dunia mengalami volatilitas yang tinggi, bahkan pernah menyentuh nilai negatif beberapa waktu lalu. Hal ini dinilai merupakan dampak dari pandemi Corona yang belum usai.

"Sekarang, crude memang sedang tidak normal. Tiap negara mengalami situasi yang berbeda. Memang ada yang sudah recovery seperti China, jadi kita harapkan kebutuhan energi nanti akan kembali seperti semula," jelasnya.

Adapun untuk saat ini, negara-negara penghasil minyak dunia (OPEC+) sudah mulai melakukan pemangkasan produksi minyak sebanyak 9,7 juta barel per hari, membuat harga minyak melonjak 4,99 persen per 2 April 2020. Pemangkasan dilakukan agar minyak dunia tidak oversupply dan menekan penurunan harga.

2 dari 2 halaman

Selain Ojek Online, Sopir Angkot Juga Bisa Dapat Cashback 50 Persen saat Beli BBM

Setelah mengumumkan program cashback 30 persen untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) khusus bagi ojek online, PT Pertamina (Persero) kembali meluncurkan program cashback khusus untuk pengemudi angkutan kota (angkot).

VP Corporate Communication PT Pertamina Fajriyah Usman menyatakan, cashback untuk pengemudi angkot diberikan sebesar 50 persen dengan maksimal nilai Rp 30 ribu per hari.

"Untuk pengemudi angkot, kita berikan cashback sebesar 50 persen, maksimum Rp 30 ribu dengan kuota 10.000 transaksi pertama setiap harinya," kata Fajriyah dalam konferensi pers virtual, Minggu (3/5/2020).

Promo ini berlaku hari ini, Minggu 3 Mei 2020 hingga 31 Juni 2020 dengan produk khusus Pertalite dan Dexlite. Sebelum bisa menikmati cashback, pengemudi angkot diharuskan mengunduh dan mengaktifkan aplikasi MyPertamina dan LinkAja.

Pengemudi angkot nantinya harus melakukan pembayaran dengan nominal seperti biasa, setelah itu kalkulasi cashback akan dilakukan setelah transaksi dilakukan.

Cashback akan masuk ke saldo LinkAja, kira-kira H+1 transaksi. Adapun Fajriyah menyatakan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan evaluasi terkait pemberian program cashback ini.

"Kita akan terus melakukan evaluasi, kalau nanti animo masyarakat tinggi terkait hal ini mungkin saja kuotanya akan diperbanyak," kata Fajriyah.