Sukses

Misi Kartu Prakerja: Cetak Wirausaha Berkualitas

Selain melatih peserta untuk mendapat pelatihan kerja, program Kartu Prakerja juga mau membina anggota untuk bisa menjadi seorang wirausahawan unggul

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, selain melatih peserta untuk mendapat pelatihan kerja, program Kartu Prakerja juga mau membina anggota untuk bisa menjadi seorang wirausahawan unggul.

"Ini perlu saya sampaikan, bahwa pesan dari komite adalah jangan hanya untuk karyawan, tapi ajarkan mereka untuk jadi wirausaha," ujar Denni dalam virtual conference, Rabu (29/4/2020).

Dia melanjutkan, manajemen pelaksana (PMO) juga memberikan amanat kepada lembaga pelatihan untuk punya kontrak kerjasama dengan calon perusahaan yang akan menyerap peserta Kartu Prakerja.

"Kita tentu saja kita ingin banyak sekali angkatan kerja kita yang sudah dilatih dalam program Kartu Prakerja itu diserap oleh perusahaan/industri atau jadi wirausaha yang unggul," ucapnya.

Denni menceritakan, program Kartu Prakerja mulanya didesain untuk memberikan pelatihan secara offline dan online. Namun karena wabah pandemi corona (Covid-19), pelaksanaannya baru bisa dilakukan secara online.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Model Pelatihan

Seiring berjalannya waktu, ia menambahkan, pihak PMO menganggap pelatihan offline memakan ongkos mobilitas yang tidak sedikit. Sementara pelatihan online merupakan cara terbaik untuk bisa menjangkau seluruh pelosok di Indonesia.

"Karena untuk menghadirkan pelatihan berkualitas secara offline, misalnya operator alat berat, itu tidak bisa di semua kabupaten. Pasti itu hanya di kota-kota besar. Berarti akan ada mobilitas yang cukup mahal dari SDM kita untuk latihan operator alat berat," tuturnya.

"Tapi sekali lagi, ini too costly, too slow untuk rakyat kita yang begitu banyak. Oleh karena itu jalur online tetap harus kita galakan," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja

  • Wirausaha berkaitan dengan penciptaan hal-hal baru untuk mencari keuntungan.

    wirausaha

Video Terkini