Sukses

Tips Jualan Jitu, Jangan Tergantung pada Marketplace

Liputan6.com, Jakarta - Founder Bixbux.com dan Affiliate Marketer Wientor Rah Mada memberikan tips mengelola bisnis agar bisa bertahan lama. Wientor menjelaskan para pengusaha bisa menggunakan marketplace tetapi dianjurkan tidak tergantung kepada pasar online tersebut.

Marketplace dinilai memang salah satu tempat yang pas untuk berjualan. Namun ternyata jika para pengusaha khususnya UMKM tetap bergantung pada marketplace maka kemungkinan besar usaha tersebut tidak akan berkembang.

“Saya tidak akan membantah kalau ada yang menyatakan bahwa marketplace adalah tempat yang pas untuk jualan. Itu betul, tapi untuk jangka pendek,” kata Wientor Rah Mada, dikutip dalam unggahan akun instagram resmi @kemenkopukm, Selasa (28/4/2020).

Lanjut Wientor, berjualan di marketplace berarti pengusaha hanya menumpang hidup kepada orang lain. Nasib usahanya bergantung kepada entitas lain yaitu marketplace tersebut. Jika terjadi sesuatu dengan marketplace maka usaha akan terdampak.

“Nasib Anda tergantung kepada traffic besar yang datang ke marketplace tersebut. Ada peraturan yang harus Anda penuhi, terkadang peraturannya juga ganti-ganti, sekali Anda berbuat salah, habislah toko Anda,” ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Buka Sendiri

Lalu bagaimana agar toko bisa bertahan lama? Menurut Wientor, kalau Anda sudah jualan dengan baik di marketplace, maka buatlah toko online sendiri.

Ada banyak platform yang menyediakan template toko online yang bisa dipakai. Ada juga banyak freelancer yang siap untuk membuatkan toko online untuk Anda.

“Pelan-pelan, pindahkan traffic Anda ke toko online, insyallah akan jauh sustainable (berkelanjutan),” tutupnya.