Sukses

Simak Cara Daftar Jadi Mitra Platform Digital Kartu Prakerja

Platform digital harus lebih dulu mempelajari Permenko Nomor 20 Tahun 2020 dan PMK 25 Tahun 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Kartu Prakerja membeberkan beberapa cara platform digital untuk bisa mendaftar menjadi mitra program kartu prakerja. Seperti diketahui, saat ini baru terdapat delapan mitra platform digital yang menjadi mitra pemerintah, diantaranya adalah Tokopedia, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijar Mahir, dan Kemnaker.go.id.

Direktur Kemitraan dan Komunikasi PMO Kartu Prakerja, Panji Winanteya Ruky, mengatakan untuk mendaftar jadi mitra platform digital program kartu prakerja caranya cukup mudah. Perusahaan hanya perlu mendaftar atau mengajukan melalui email ke info@prakerja.go.id.

"Cara mendaftar mitra jadi platform digital cukup email ke info@prakerja go.id tunjukkan kepada tim kemitraan manajemen pelaksana kartu prakerja, cukup lampirkan company profile, link situs web yang sudah beroperasi," kata Panji saat video conference di Jakarta, Senin (27/4).

Kemudian langkah kedua, yakni para platform digital harus lebih dulu mempelajari Permenko Nomor 20 Tahun 2020 dan PMK 25 Tahun 2020. Di mana aturan tersebut, menjelaskan beberapa kriteria dan persyaratan dokumen untuk para platform digital yang bermitra.

"Siapkan dokumentasi untuk memenuhi persyaratan karena secara detail itu diatur didalam permenko dan PMK bagaimana cara kriteria dan syarat secara detail," imbuh dia.

Setelah itu selesai, manajemen pelaksana akan mengevaluasi situs atau aplikasi digital apakah telah memberikan layanan terhadap e-marketplace atau tidak.

Jika semua kriteria masuk, maka manajemen pelaksana selanjutnya akan menghunungi calon mitra untuk evaluasi dan verifikasi syarat dan kesanggupan memenuhi kewajiban

"Jika dapat menyelesaikan memenuhi syarat-syarat dan sanggup memenuhi kewajiban sepakat untuk bermitra maka kita bisa lanjut penandatanganan nota kesepahaman yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama jika memang semua setelah dipenuhi syarat-syaratnya kira-kira begitu . Jadi ini cara mendaftar jadi mitra platform digital saat ini," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Platform Digital Baru

Sebelumnya, Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja, Panji Winanteya Ruky, mengatakan sudah ada empat platform digital baru yang ingin menjadi mitra program kartu prakerja. Saat ini pihaknya tengah melihat dan masih mengevaluasi dari keempat platform tersebut.

"Sudah ada perusahan hubungin kami untuk tawarkan ingin ikut berpartisipasi sebagai mitra platform digital. Kami evaluasi dan dalam waktu dekat kalau dua duaya nya sepakat dan bisa penuhi kriteria, akan ditambahkan sebagai mitra platform digital," kata dia dalam video conference, di Jakarta Rabu (23/4).

Kendati begitu dirinya tidak menyebutkan siapa-siapa saja platform digital yang tertarik untuk bermitra di program kartu prakerja. Terlebih, saat ini kata dia, pihaknya ingin fokus terhadap oprasional para peserta gelombang pertama yang lolos untuk masuk kedalam pelatihan disediakan di delapan platform digital tersebut.

"Jadi beri kesempatan ke kami untuk berikan layanan baik, oprasinya bagus sampai kemudian ekspansi lagi tambah dari layanan ini karena itu butuh testing, pengembangan sistem dan tetap aman dan handal," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.