Sukses

Dilema Kartu Prakerja, Antara Berikan Bansos atau Buat Pelatihan

Banyak masyarakat yang saat ini mengeluhkan penyaluran bansos lewat program Kartu Prakerja yang baru bisa didapat lewat berbagai pelatihan

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus corona (Covid-19) saat ini telah merubah fungsi program Kartu Prakerja dari penyedia pelatihan bagi pencari kerja menjadi penyalur bantuan sosial (bansos). Transformasi tersebut rupanya kurang disenangi baik oleh pencari kerja maupun penyedia kerja.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky bercerita, banyak masyarakat yang saat ini mengeluhkan penyaluran bansos lewat program Kartu Prakerja yang baru bisa didapat lewat berbagai pelatihan.

Sementara itu, pihak pekerja juga mempertanyakan fungsi Kartu Prakerja yang kini lebih dominan menjadi program semi bansos.

"Jadi di sini banyak pertanyaan. Hanya untuk bansos kenapa ada pelatihan? Apalagi (harus) online, kenapa enggak dikasih uang aja?," ungkap Panji dalam video conference, Sabtu (25/4/2020).

"Di satu sisi ini kenapa pelatihannya seperti ini. Harusnya canggih dan segala macam. Online lagi, harusnya offline. Jadi ini tidak bisa memenuhi semuanya," ucap Panji.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kembali ke Fungsi Awal

Namun demikian, Panji menilai, kondisi seperti ini justru memberi peluang kepada program Kartu Prakerja untuk terus berbenah diri sebelum kembali ke fungsi utamanya pasca pandemi corona ini berakhir.

Oleh karenanya, ia menambahkan, pihak manajemen saat ini memberikan pilihan kepada peserta untuk menentukan mitra program pelatihan seperti apa yang diinginkannya. Sehingga ke depannya ada perbandingan bentuk pelatihan yang bagus itu seperti apa.

"Ini diharapkan memudahkan konsumen dalam lebih bijak memilih pelatihan. Karena bantuannya cuman sekali. Jadi kalau diambil tahun ini mungkin tahun depan enggak dapat lagi," pungkas Panji.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.