Sukses

Helmy Yahya Dorong Masyarakat Jadi Pengusaha dari Rumah selama WFH

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Direktur Utama TVRI Helmy Yahya mengajak semua orang untuk dapat berpikir positif selama masa kerja di rumah atau work from home (WFH). Hal itu disebutnya merupakan kunci agar tetap produktif di tengah penyebaran pandemi virus corona (Covid-19) saat ini.

"Agar tetap positif, semuanya datang dari mindset. Kita tidak akan pernah menyelesaikan masalah dari mengeluh. Dengan memiliki mindset positif, kita selalu tahu bahwa dibalik musibah kadang-kadang ada peluang," imbuhnya dalam pesan tertulis, Kamis (23/4/2020).

Helmy lantas mendorong para pekerja termasuk PNS untuk dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin selama bekerja dari rumah. Selain mengerjakan pekerjaan kantor dan urusan rumah, mereka juga dapat berkegiatan positif untuk membantu orang-orang disekitarnya.

Misalnya, dengan mengajak untuk membuat usaha dan kegiatan sosial. Kegiatan positif ini dapat dilakukan namun tetap dengan memperhitungkan kebijakan social dan physical distancing.

Terkait dengan ajakan untuk berkegiatan positif tersebut, ia juga menggaungkan dan mengajak orang untuk berbisnis dari rumah atau yang dikenal dengan sebutan home entrepreneur. Dengan memiliki kemampuan entrepreneurship dan berbisnis, maka hal tersebut dapat menjadikan kita untuk berdikari.

"Salah satu alasan saya terus mendorong praktik entrepreneur adalah jika suatu negara ingin maju, maka harus banyak entrepreneur. Indonesia masih kekurangan jumlah entrepreneur dibandingkan dengan negara lainnya," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Peluang Bagi yang Kreatif

Dia menilai bahwa banyak sekali peluang yang bisa dilakukan disaat seperti ini bagi mereka yang kreatif, jeli, dan mampu bersyukur. Dengan melihat potensi yang dimiliki, kesempatan untuk berada di rumah dapat digunakan juga untuk belajar memanfaatkan peluang tersebut.

Mantan pembawa acara TV ini juga beranggapan bahwa dengan adanya pandemi Covid-19 maka akan hadir suatu fenomena yang dikenal dengan istilah new normal, dimana cara bekerja nantinya mungkin tidak akan sama lagi seperti sebelum adanya pandemi ini. Terlebih, virus corona belum diketahui kapan akan berakhir.

"Menurut saya, cari hal-hal positif yang bisa dibagikan dalam rangka untuk mengisi waktu. Saya tidak akan memanfaatkan waktu saya tidak boleh keluar rumah dengan hal-hal yang tidak bermanfaat," ungkap Helmy.