Sukses

Menko Luhut: Tak Lama Lagi Pak Budi Karya Bisa Pimpin Kemenhub Lagi

Kondisi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berangsur membaik dan diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) pada 15 April 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang kini menjabat sebagai Ad Interim Menteri Perhubungan Luhut Binsar Pandjaitan mengemukakan, kondisi kesehatan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kini semakin membaik pasca terserang virus corona (Covid-19).

"Saya ingin informasikan bahwa pak Budi Karya saya kira makin sehat. Dan sudah berkomunikasi dengan kami, dan juga sudah mulai secara bertahap. Beliau juga kami anjurkan beliau berkomunikasi dengan para eselon 1," ujar dia dalam sesi teleconference bersama Komisi V DPR RI, Selasa (21/4/2020).

Luhut pun menjanjikan bahwa Budi Karya Sumadi dapat kembali aktif bertugas sebagai Menteri Perhubungan dalam waktu dekat.

"Sehingga dalam waktu tidak waktu terlalu lama beliau bisa aktif lagi memimpin kementerian perhubungan. Itu kondisi yang dapat saya laporkan," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Pulang

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Perhubungan atau Kemenhub Adita Irawati menyebutkan kondisi Budi Karya berangsur membaik dan diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) pada 15 April 2020. Namun, ia harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

"Pak Budi sudah membaik, sudah tidak di RSPAD," kata Staf Khusus (Stafsus) Menhub, Adita Irawati, saat dihubungi merdeka.com, pada Selasa 14 April 2020.

Adita menjelaskan, saat ini Budi Karya sedang masa penyembuhan dan sudah kembali ke rumah.

"Tinggal masa recovery," jelas Adita.

Diketahui, sejak dinyatakan positif dan dibenarkan oleh pihak istana, posisi Budi Karya sebagai Menhub di disposisi sementara kepada Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai sebagai Menteri Perhubungan Ad Interim.

Beberapa waktu lalu, sebuah video merekam Budi Karya diterima sejumlah awak media. Tampak Budi Karya masih mengenakan alat bantu pernapasan. Dia berterima kasih kepada Jokowi saat ini sedang berjuang menyelesaikan Covid-19. Dia pun merasakan hal tersebut dan cara tersebut menumbuhkan semangat untuk memerangi virus yang sudah jadi pandemi di dunia.

"Alhamdulillah, bapak Presiden terima kasih atas dukungannya untuk menyelesaikan Covid-19, saya juga merasakan bahwa kemenkes, RSPAD dan semua tim bekerja dengan baik. Dan ini menjadi suatu semangat bagi kita semua untuk melawan Covid-19," kata Budi Karya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini