Sukses

Ciputra Grup Sediakan Dua Rumah Sakitnya untuk Tangani Pasien Corona

Ciputra Group sediakan dua rumah sakitnya sebagai rujukan penanganan PDP dan positif Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Bantu pemerintah tangani pandemi Covid-19, Ciputra Group sediakan dua rumah sakitnya sebagai rujukan penanganan PDP dan positif Covid-19.

Keduanya berada di CitraRaya Tangerang dan Citra Garden City Jakarta. "Di kedua township itu, ada Ciputra Hospital yang sejak tanggal 17 Maret 2020, Direksi Ciputra Group memberikan dukungan untuk melayani pasien COVID-19," kata Budiarsa Sastrawinata selaku Managing Director Ciputra Group, Sabtu (18/4/2020).

Sehingga, pada kedua rumah sakit tersebut diberi fasilitas penunjang tambahan lagi untuk penanganan Covid-19. Seperti pengadaan ventiletor, penambahan ruang isolasi bertekanan negative, dan tim medis yang telah dilengkapi dengan sarana prasarana APD untuk menangani pasien COVID-19 dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19.

"Untuk Ciputra Hospital Tangerang tersedia total 87 bed, lalu di Ciputra Hospital Citragarden City Jakarta, total 123 bed. Jadi total di kedua rumah sakit itu terdapat 210 bed isolasi khusus untuk pasien covid-19," tutur Budiarsa.

Ketersediaan kamar-kamar isolir ini menurut Budiarsa akan tersedia secara bertahap. Namun ditargetkan akan selesai sampai akhir April nanti.

Proses pembangunan ini mengacu kepada Pedoman Teknis Bangunan dan Prasarana Ruang Isolasi Penyakit Infeksi Emerging (PIE), untuk melakukan persiapan dalam merenovasi khusus ruangan sarana dan prasarana bagi perawatan PDP dan pasien COVID-19 yang terkonfirmasi kewaspadaan yang harus diterapkan secara rutin terhadap seluruh pasien dalam rumah sakit.

Mulai dari kebersihan tangan, kelengkapan alat pelindung diri level 1 sampai 3, disinfektan, sterilisasi alat untuk merawat pasien, pengendalian lingkungan (internal dan eksternal), penempatan pasien, dan lainnya.

Selain itu, dia tidak menapik rumah sakitnya masih bisa menerima pasien dengan keluhan sakit lain. "Tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan, area terpisah dari pasien umum lain," katanya. (Pramita Tristiawati)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RS Pertamina Jaya Siapkan Layanan Drive Thru untuk Tes Corona Covid-19

Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) tengah mendesain aplikasi untuk pengujian tes Virus Corona secara drive thru atau pengujian tanpa pasien keluar dari kendaraan. Nantinya, pasien akan mendapat informasi mengenai tempat pengujian Virus Corona.

"Lagi bikin aplikasi untuk bisa tes swab pakai drive thru. Jadi pakai janjian di lokasi mana, jam sekian pasien akan datang. Akan disiapkan oleh RSPJ," ujar Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga di Jakarta, Rabu (15/4).

Arya mengatakan, sejumlah rumah sakit pemerintah kini sudah disiagakan untuk menangani pasien Covid-19. BUMN juga mendukung pengadaan alat kesehatan di beberapa rumah sakit rujukan seperti RSPJ dan Wisma Atlet.

"RSPJ ini untuk jadi rujukan. Jadi yang sudah kondisi nya berat, di Wisma Atlet dipindahkan ke RSPJ atau RS lain yang sudah mulai agak berat. Tapi yang ringan-ringan di RSPJ akan dipindahkan ke Wisma Atlet. Jadi begitu alurnya," paparnya.

Dia menambahkan, pemerintah saat ini juga terus mendatangkan berbagai alat kesehatan juga obat-obatan untuk menangani peningkatan pasien Virus Corona. Salah satu obat yang akan didatangkan adalah Oseltamivir dari India.

"Kemudian yang kedua, kemarin kita beli bahan obat untuk Oseltamivir. Ini sudah kita ambil bahan bakunya dari India. Obat untuk corona juga kaya Cloroquine. Kita ambil untuk bahan baku 500.000 tablet. Beli dari India. Yang bikin Biofarma," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.