Sukses

Naik Angkot Online di Bandung Kini Bisa Bayar Nontunai

Keberadaan angkot online untuk meningkatkan pelayanan angkutan publik

Liputan6.com, Jakarta - Setelah meluncurkan perdana Angkot Online di Kabupaten Bandung. Sekarang masyarakat di wilayah ini bisa menikmati fitur pembayaran nontunai (cashless) naik Angkot khususnya di trayek Soreang-Banjaran.

Hal tersebut merupakan hasil kerja sama pemerintah Kabupaten Bandung dengan PT Teknologi Rancang Olah Nusantara (TRON) untuk meningkatkan pelayanan angkutan publik secara online.

Dengan diluncurkannya fitur cashless, Angkot Online ini diharapkan bisa menjadi pilihan utama untuk mobilisasi masyarakat khususnya di daerah Soreang-Banjaran.

“TRON mendukung program pemerintah menjadi bagian smart city program dan mendukung cashless society. Sudah saatnya sekarang masyarakat beralih ke pembayaran non tunai, karena selain banyak promonya biar gak ribet kan bawa-bawa uang tunai. Bagi orang tua yang ingin pesan Angkot untuk anaknya berangkat atau pulang sekolah juga lebih simple dan aman dengan Angkot Online ini bisa dipantau sudah dijemput atau belum dari aplikasi," kata CEO TRON David Santoso dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Sementara itu, Dirut PT TBR Juli Tadarus mengatakan, TRON Regional Jawa Barat akan ada penambahan ratusan angkot di sejumlah trayek baru dalam waktu dekat.

“Iya, kami terus mengedukasi pihak pengusaha angkutan dan para supir di area Jawa Barat khususnya Bandung Raya agar ikut dalam program Angkot Online ini. Bulan depan ada ratusan supir yang sudah komit ingin bergabung dengan kita, di beberapa area yaitu trayek Cileunyi-Cicalengka-Nagrek, trayek Cicalengka-Cijolang dan trayek Cicalengka–Rancaekek-Majalaya," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Pemesanan

Aplikasi TRON saat ini bisa diunduh di playstore. Adapun cara pemesanannya adalah pengguna memilih halte virtual terdekat dan masukkan jumlah penumpang, maksimal 5 orang untuk sekali pemesanan, kemudian pilih metode pembayaran tunai atau non tunai, kemudian order.

Angkot yang dipesan langsung jalan menjemput dan tidak perlu ngetem, jadi untuk pengguna dengan mobilisasi tinggi tidak perlu khawatir telat sampai tujuan karena ada estimasi waktunya di aplikasi.

Untuk membedakan angkot online yang bekerja sama dengan TRON dengan angkot biasa yaitu Angkot Online memiliki stiker TRON di bagian depan dan belakang mobil.

Selain itu, di sisi kanan dan kiri badan angkot pun memiliki nomor lambung seperti TBR-0001, TBR-0002 dan seterusnya, agar memudahkan penumpang mengetahui angkot yang menjemputnya.

Angkot ini mulai beroperasi pada pukul 06.00 hingga 22.00. David menargetkan akan berekspansi ke kota lain dan mengoperasikan ribuan Angkot, Bus dan Bajaj dengan menggunakan aplikasi TRON hingga akhir tahun 2020 dan membuka peluang kerjasama dengan partner lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.