Sukses

7 Tips Sukses Wawancara Kerja Lewat Online

Liputan6.com, Jakarta Berada di depan kamera membuat beberapa orang gugup dan juga sangat sensitif karena dapat membuat kesalahan secara tidak sengaja. Wawancara online melalui beberapa aplikasi tatap muka sudah populer, khususnya bagi sekolah dan perguruan tinggi.

Wawancara melalui video atau online merupakan tantangan bagi pelamar kerja, apalagi jika yang berusia diatas 40 tahun dan tidak pernah memakai tekologi tatap muka.

Generasi Baby Boomers harus merasa nyaman dengan teknologi dan dapat pulih jika ada kesalahan teknologi dalam transmisi. Itu jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Berikut tujuh  tips yang dapat membantu saat wawancara online, melansir laman Forbes, Selasa (17/3/2020):

1. Tanyakan detail wawancara 

Pelamar dapat menanyakan hal seperti, aplikasi apa yang digunakan, berapa lama waktu wawancara, dan berapa banyak orang yang akan mewawancarai.

Untuk mendapatkan klarifikasi supaya wawancara berjalan dengan lancar, perlu menghubungi pihak perusahaan untuk klarifikasi. 

2. Gunakan laptop atau komputer

Komputer atau laptop adalah pilihan terbaik dibandingkan dengan menggunakan ponsel. Menggunakan ponsel tidak akan terlihat baik karena ponsel bisa saja bergetar dan mengganggu. 

3. Jangan meminta maaf karena tidak terbiasa dengan teknologi online

Dengan meminta maaf karena tidak terbiasa dengan teknologi online, maka akan dianggap tidak kompeten. Jika tidak mngetahui, pelajari bagaimana cara mengoperasikan aplikasi yang dipakai untuk wawancara melalui YouTube.

Hal yang dipelajari anatara lain, bagaimana cara menghubungi, menyambungkan kembali, mengatur volume, dan memastika angle yang tepat di kamera. 

 

2 dari 2 halaman

4. Perhatikan latar belakang dan pencahayaan

Latar belakang polos sangat ideal, jaga agar tidak berantakan dan tidak ada gerakan yang dapat mengganggu fokus kamera. Duduk di tempat yang nyaman dan sunyi. Pencahayaan juga sangat diperlukan supaya wajah tidak berbayang dengan menambah lampu di sisi wajah, sehingga mendapatkan posisi yang baik. 

5. Berdandan 

Berpakaian formal juga diperlukan dengan memakai kemeja atau atasan yang cocok. Makeup bagi wanita juga diperlukan agar penampilan terlihat segar dan enak  diliat. 

6. Berlatih sebelumnya

Wawancara online adalah hal nyata jangan sampai kehilangan kesempatan untuk bekerja. Berlatih waancara dengan teman dengan memerhatikan ekspresi dan gerakan saat berbicara. Fokus pada pewawancara dan anggap kamera tidak ada, mentap kamera sangat diperlukan sehingga pewawancara melihat mata dan tidak melihat ke bawah. Jangan banyak bergerak dan selalu tenang dengan banyak tersenyum dan tunjukkan antusisme untuk pekerjaan yang ditawarkan. 

7. Tulis jawaban 

Tinjau pertanyaan yang akan ditanya  dan tulis jawaban agar dapat merespon dengan baik dan membuat terkesan. 

 

Reporter : Tiara Sekarini