Sukses

Perhatikan 4 Hal Ini Saat Melamar Pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta Mencari pekerjaan tidaklah mudah, prosesnya melelahkan bagi sebagian orang. Dalam mencari pekerjaan juga harus menyesuaikan dengan resume yang dimilliki. Kalaupun telah diterima, masih ada proses wawancara yang harus dijalani.

Namun, tenang saja. Ada beberapa tips supaya bisa diterima bekerja sesuai keinginan, seperti melansir CNN, Jumat (13/3/2020).

1. Jangan takut ketika tidak memenuhi persyaratan

Hal pertama yang bisa jadi perhatian adalah jika saat melamar pekerjaan, jangan takut tidak memenuhi persyaratan, anggap saja sebagai keinginan.

Hanya karena tidak memiliki pengalaman kerja atau keterampilan tertentu, ada cara lain untuk menunjukkan bila telah memenuhi syarat untuk melamar pekerjaan tersebut.

Jika dipanggil untuk wawancara, berarti pelamar adalah kandidat yang baik mengisi lowongan yang disediakan. Jika dalam sesi wawancara ada salah satu kekurangan, jangan panik.  

2. Bersiaplah untuk pertanyaan ini

Ada satu pertanyaan yang pasti akan muncul selama wawancara. Mengapa  ingin dengan pekerjaan saat ini?.

Pertanyaan yang cukup standar, tetapi jawaban bisa sangat sullit. Anda harus siap dengan jawaban yang kuat. Kuncinya adalah harus  memberikan respons yang jujur ​​dan menunjukkan wawasan ke depan sambil menghindari bercerita terlalu banyak detail.

 

2 dari 2 halaman

3. Pelamar juga bisa mengajukan pertanyaan

Ingatlah bahwa wawancara kerja adalah komunikasi dua arah, yang berarti pelamar juga harus mengajukan pertanyaan.

Lagi pula, tidak mungkin pada saat memulai pekerjaan baru hanya untuk belajar beberapa hari karena  telah membuat kesalahan besar.

Pertanyaan tertentu dapat diajukan untuk melihat sekilas seperti apa rasanya bekerja di tempat kerja tujuan, seperti apa lintasan karier dan bagaimana menjadi sukses.

4. Jangan menyerah meski dapat penolakan

Ketika telah masuk dalam sesi wawancara, itu pertanda baik bahwa tawaran pekerjaan mungkin datang kepada Anda.

Tetapi kemudian Anda mendapatkan panggilan yang memberitahukan jika perusahaan memutuskan untuk memilih kandidat lainnya.

Mengetahui hal itu tentu bisa sangat menghancurkan hati, tapi jangan menyerah. Saat Anda sudah melewati proses wawancara kemudian dihubungi, itu artinya pertanda baik jika tawaran pekerjaan telah diterima.

Meski kemudian ternyata, panggilan itu sebuah penolakan. Terkadang perusahaan memilih  kandidat internal atau memutuskan untuk mencari lowongan di bagian lain.

Semoga tips ini dapat membantu tetap termotivasi dan positif dalam mencari pekerjaan.

 

Reporter : Tiara Sekarini