Sukses

Miliarder 28 Tahun Ini Bilang Menabung Bukan Jalan Terbaik untuk Kaya

Liputan6.com, Jakarta Kekayaan bersih Tanner Chidester mencapai USD 1 juta atau Rp 13,7 miliar sebelum ulang tahunnya yang ke-28. Kekayaan ini dia dapatkan dari bisnis yang dibangun, yakni Fit Warrior dan Elite CEO.

Usai sukses merintis bisnis, Chidester mengaku dari sinilah dia belajar tentang bagaimana menjadi kaya. "Itu (bisnis) jauh lebih mudah untuk menghasilkan lebih banyak uang daripada menabung," tutur dia.

Bahkan dia menyebut, menabung bukan lah cara menjadi kaya. "Cara yang lambat untuk membangun kekayaan adalah dengan menabung," jelas dia seperti mengutip laman CNBC, Senin (24/2/2020).

Chidester, butuh beberapa tahun untuk mengetahui bagaimana cara menghasilkan uang. Bermula saat berusia 22, ia keluar dari Texas A&M untuk memulai bisnis kebugaran pribadi dan makanan.

Mantan pemain sepak bola Divisi 1 ini hanya menghasilkan USD 2.000 atau hanya sekitar Rp 27,5 juta dari pekerjaan di dua tahun pertamanya. Bahkan sebagai tambahan penghasilan, dia bekerja enam jam sehari di Olive Garden.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan Penghasilan Lebih Efisien daripada Menabung

Tanner Chidester kemudian mengambil kursus tentang bagaimana membangun sebuah bisnis pelatihan online yang ia geluti.

Chidester yang saat itu berumur 25 tahun melihat jika belajar bahwa orang akan bersedia membayar mahal hanya untuk sebuah layanan.

"Saya menjual program kebugaran saya sebesar USD 40 dolar. Saat itulah aku belajar, oh ternyata orang akan membayar saya hingga USD 1.500 untuk pelayanan saya," jelas dia.

Chidester melihat peluang bahwa orang bersedia akan mengeluarkan empat digit angka untuk pelatih kebugaran. Dia pun menaikkan harga untuk bisnisnya. Alhasil, dia hasilkan USD 10.000 atau Rp 137 juta dalam satu minggu.

Terus bertambah, dia mampu menghasilkan USD 30.000 dan USD 50.000 sebulan atau sekitar Rp 400-700 juta. Pada  usia 27, dia pun bisa disebut sebagai miliarder.

Dia mengakui jika menabung uang adalah penting. Namun berfokus pada investasi dinilai merupakan jalan yang lebih efisien untuk membangun kekayaan.

Chidester bukan satu-satunya pengusaha miliarder yang memiliki pemikiran semacam ini. Grant Cardone, terbelit utang sebelum  akhinya mampu meraih kekayaan bernilai multi-juta dolar.

Ia juga mengatakan satu-satunya cara untuk mendapatkan kekayaan sangat fantastis adalah fokus pada peningkatan penghasilan atau investasi.

"Saya bisa berjanji bahwa Anda tidak akan menjadi kaya dengan melewatkan latte harian Anda hanya demi untuk menabung," tulis dia.

"jika Anda tidak memiliki pendapatan, maka tidak ada uang untuk dapat ditabung," tegas dia.

Daripada  kopi atau alpukat roti panggang, "Anda perlu untuk mendapatkan pikiran Anda terfokus pada pendapatan," kata Cardone.

"Tingkatkan penghasilan Anda dengan cukup dan Anda akan dapat menyimpan sesuatu yang substansial," tandasnya.

 

Reporter : Danar Jatikusumo