Sukses

Pendiri Bank NISP Karmaka Surjaudaja Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Berita duka datang dari industri perbankan. Pendiri Bank NISP yang sekarang bernama PT Bank OCBC NISP Tbk Karmaka Surjaudaja meninggal dunia.

Karmaka berpulang pada hari Senin 17 Februari 2020 pukul 15.25 WIB di usia ke-85 tahun. Jenazah Karmaka akan disemayamkan di Jalan Mustika Permata Nomor 1Setiabudi Regendy, Bandung.

Karmaka meninggalkan lima orang anak yaitu Pramana Surjaudaja, Rukita Surjaudaja, Pramukti Surjaudaja, Parwati Surjaudaja dan Sanitri Surjaudaja.

"Kami sangat kehilangan sosok pemimpin yang ramah, rendah hati dan bersahaja. Selama kepimpinannya, Beliau menjadi teladan yang baik bagi seluruh keluarga besar Bank OCBC NISP," tulis keterangan resmi bank OCBC NISP, Senin (17/2/2020).

NISP merupakan bank tertua keempat di Indonesia yang didirikan pada tanggal 4 April 1941 di Bandung dengan nama NV Nederlandsch Indische Spaar En Deposito Bank.

Keberadaan Bank NISP di industri Perbankan Indonesia selama lebih dari 78 tahun tidak lepas dari sosok Karmaka Surjaudaja.

Karmaka Surjaudaja mulai mengelola NISP pada tahun 1963 dengan jabatan Direktur Operasional. Di tengah kondisi Indonesia yang sedang bergejolak saat itu, Bank tumbuh dengan sehat dan berhasil melalui beberapa krisis, salah satunya sanering pada tahun 1965.

Keberhasilan ini membawa Karmaka Surjaudaja diangkat menjadi Presiden Direktur pada tahun 1971–1997 dan Presiden Komisaris pada tahun 1997– 2008.

Loading