Sukses

Jelang Tahun Ajaran Baru, Begini Tips Hemat Belanja Alat-alat Sekolah

Agar keuangan tidak terlalu terbebani, berikut tips belanja perlengkapan sekolah jelang tahun ajaran baru.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai orangtua yang bertanggung jawab, tentunya kita wajib memikirkan kebutuhan anak, tak terkecuali kebutuhan peralatan sekolah menjelang tahun ajaran baru. Apalagi bagi kita yang memiliki lebih dari satu anak, tentunya harus memikirkan kebutuhan ini secara matang. 

Salah dalam mengambil keputusan yang terjadi bisa membuat pengeluaran membengkak hanya untuk sekadar membeli perlengkapan sekolah seperti seragam sekolah, tas, sepatu hingga peralatan menulis. Padahal pengeluaran kita tak hanya itu saja, masih banyak pula pengeluaran yang harus dianggarkan.

Agar keuangan tidak terlalu terbebani, berikut tips belanja perlengkapan sekolah jelang tahun ajaran baru, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pilah Kebutuhan yang Harus Dibeli Terlebih Dahulu

Bagi yang punya anak sekolah yang memasuki tahun ajaran baru, tak melulu harus menyediakan perlengkapan sekolah serba baru. Jika masih ada beberapa peralatan sekolah yang masih layak pakai, tak ada salahnya tetap digunakan.

Sebab jika harus memberikan perlengkapan sekolah serba baru, maka bisa-bisa keuangan bisa berantakan. Karena seperti yang kita tahu, menjelang tahun ajaran baru, hampir semua kebutuhan sekolah, harganya cenderung naik.

Maka Anda harus dapat memilah mana yang lebih penting dan mendesak, dan mana yang tidak. Selain itu, Anda juga dapat membuat daftar kebutuhan yang harus dibeli untuk sang buah hati.

Jangan lupa pula untuk mengecek apakah barang-barang yang dibutuhkan tersebut masih Anda miliki stoknya di rumah. Jika masih punya banyak stok, kenapa harus beli lagi?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Belanja Perlengkapan Sekolah dari Tabungan Khusus Pendidikan

Namanya juga tabungan khusus pendidikan anak, pasti ketersediaan sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Dana ini diperuntukkan guna memenuhi kebutuhan pendidikan anak termasuk urusan ketersediaan perlengkapan sekolah.

Gunakan tabungan khusus pendidikan anak ini untuk membeli perlengkapan sekolah di tahun ajaran baru yang dibutuhkan.

Tapi setelah menggunakannya untuk belanja peralatan sekolah, jangan lupa untuk menyetorkan kembali secara rutin uang ke tabungan pendidikan anak.

3. Beli Peralatan Sekolah dengan Patungan

Seperti halnya sistem grosir baju, peralatan sekolah yang dibeli dalam jumlah banyak biasanya akan mendapatkan harga yang lebih bagus.

Nah, agar bisa memanfaatkan keuntungan dari harga grosir tersebut, tak ada salahnya mengajak orangtua lainnya untuk bergabung membeli barang tersebut.

Biasanya orangtua murid punya grup sendiri untuk bisa saling berkomunikasi. Anda bisa memanfaatkannya untuk patungan belanja perlengkapan sekolah anak di tahun ajaran baru. Bisa juga patungan dengan keluarga yang juga memiliki anak sekolah.

3 dari 4 halaman

4. Bandingkan Harga untuk Mendapatkan Harga Promo Terbaik

Di saat musim tahun ajaran baru biasanya ada banyak toko baik offline maupun online yang menjual berbagai perlengkapan sekolah anak dengan harga diskon. Agar lebih mendapatkan harga terbaik, bandingkan harga promo yang ditawarkan satu toko dengan toko lainnya.

Terlebih lagi di toko online, seperti yang sekarang ini banyak ditemukan di e-commerce, Anda bisa dengan mudah mengecek dan membandingkan harga antara marketplace satu dengan lainnya.

5. Belanja Peralatan Sekolah di Luar Masa Tahun Ajaran Baru

Membeli peralatan sekolah sejatinya tak harus menjelang tahun ajaran baru. Anda bisa membeli sebelum pergantian semester atau pergantian tahun ajaran baru.

Jika masih cukup lama tahun ajaran baru, Anda bisa menyimpan peralatan sekolah tersebut. Hindari membeli peralatan sekolah di akhir pekan atau sehari menjelang jadwal sekolah akan masuk.

Dengan membeli peralatan sekolah jauh-jauh hari, Anda pun bisa menawar harga peralatan sekolah tersebut dan bisa mendapatkan harga yang lebih menarik tentunya. 

4 dari 4 halaman

6. Ikut Arisan untuk Menabung

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati pengeluaran yang membengkak jelang tahun ajaran baru adalah dengan cara mengikuti arisan untuk tujuan menabung.

Biasanya tahun ajaran baru jatuh dibulan Mei, Juni dan Juli. Usahakan untuk bisa mendapatkan nomor arisan menjelang bulan tersebut agar Anda bisa membeli peralatan sekolah jauh-jauh hari dan bisa mendapatkan harga murah. 

7. Manfaatkan Fasilitas Kartu Kredit untuk Cicilan

Jika Anda memiliki kartu kredit, manfaatkanlah kartu tersebut sebaik mungkin. Biasanya swalayan menyediakan fasilitas cicilan 0 persen untuk pemegang kartu kredit tertentu. 

Manfaatkanlah peluang tersebut untuk menekan pengeluaran Anda. Selain itu biasanya swalayan juga memiliki promo menarik saat tahun ajaran baru untuk pemegang kartu tertentu juga.

Tak ada salahnya menggunakan kartu kredit untuk keperluan pendidikan selama Anda mampu membayarnya tepat waktu dan tidak mengganggu arus kas Anda.

Dukung Buah Hati untuk Meraih Cita-citanya

Pendidikan merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan impian. Dukung putra-putri Anda untuk meraih apa yang dicita-citakan dengan memberikan pendidikan terbaik. Penuhi kebutuhan yang diperlukan untuk melakukan aktivitas pendidikannya sehari-hari.

Tak harus memberikan perlengkapan sekolah yang mahal, biarpun harganya murah asalkan fungsinya sama, itu tak jadi soal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini