Sukses

Merebak Sejak Desember 2019, Apa Saja Langkah Indonesia buat Tangkal Virus Corona?

Liputan6.com, Jakarta Merebaknya Virus Corona kini menjadi perhatian masyarakat, tak hanya China tetap juga dunia. World Health Organization (WHO) menyebutkan, per 10 Februari 2020, sebanyak 40.554 orang yang dikonfirmasi positif Virus Corona.

Penyakit yang bermula dari Wuhan, China tersebut saat ini telah menyebar ke beberapa negara lain. Negara di seluruh dunia, melakukan berbagai upaya untuk menangkal Virus ini menyebar di negaranya.

Seperti langkah yang dilakukan Indonesia. Saat ini Indonesia menutup sementara sejumlah akses yang berhubungan dengan China lantaran Virus Corona telah sampai di beberapa negara di ASEAN.

Berikut langkah-langkah yang Indonesia ambil demi mencegah masuknya Virus Corona, seperti Liputan6.com rangkum, Rabu (12/2/2020).

1. Hentikan penerbangan dari dan ke China

Dampak Virus Corona akan mempengaruhi beberapa negara untuk beberapa waktu ke depan. Sejumlah maskapai penerbangan dunia di 27 negara termasuk Indonesia, menghentikan sementara rute penerbangan dari dan ke China.

Salah satu maskapai penerbangan, Garuda Indonesia menutup sementara penerbangan dengan rute yang melewati Beijing, Shanghai, Guangzhou, Zhengzhou, dan Xi’an.

Adanya corona ternyata juga mempengaruhi aktifitas penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Muhammad Awaluddin, Presiden Direktur PT Angkasa Pura II mengatakan bahwa virus corona membuat aktifitas penumpang turun 1,5 persen.

 

2 dari 4 halaman

2. Batasi Impor Hewan Hidup dari China

Pemerintah Indonesia terus melakukan upaya untuk mencegah masuknya Virus Corona. Larangan impor hewan hidup dari Cina merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut.

Upaya tersebut dilakukan karena penyebaran Virus Corona tak hanya melalui manusia saja. Ternyata hewan juga bisa membawa virus tersebut.

Kementerian Perdagangan menyampaikan bahwa transmisi penyakit ini dapat melalui human to human dan wilds animal, sehingga impor hewan hidup dari Cina dihentikan untuk sementara waktu.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo juga menjelaskan bahwa impor produk ikan dari China juga ditutup untuk sementara waktu.

 

3 dari 4 halaman

3. Hentikan Pengiriman Tenaga Kerja WNI ke China

Menyadari kondisi dunia yang tidak kondusif akibat Virus Corona, pemerintah melarang pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke China.

Kementerian Ketenagakerjaan menghimbau bagi PMI di luar negeri untuk selalu menggunakan masker untuk meminimalisir penyebaran virus ini.

Tidak hanya menghentikan pengiriman PMI ke Cina, ternyata pemerintah juga mengurangi dengan selektif pengiriman PMI ke dua negara ini yaitu Hongkong dan Taiwan.

 

Reporter : Helena Yupita

4 dari 4 halaman

Tonton Video Ini

Melemahkan Fungsi Otak, Jauhi Kebiasaan Buruk Ini
Loading