Sukses

Wajib Tahu, Ini Pentingnya Liburan untuk Kemajuan Karier

Liputan6.com, Jakarta Teruntuk orang-orang yang telah terjun ke dunia kerja, padatnya kegiatan, seperti dikejar deadline dan keharusan untuk lembur tentu membuat lelah, baik fisik maupun mental. 

Meski kadang tersirat perasaan ingin bebas dari tekanan tersebut, kewajiban untuk memenuhi kebutuhan hidup tentu membuat keinginan itu hanya sebatas angan-angan saja. 

Pada beberapa kesempatan, para pekerja mungkin bisa sedikit melepas penat bekerja. Kegiatan menonton film di bioskop, karaoke, atau sekadar menghabiskan waktu di warung kopi tentu cukup berguna sebagai sarana refreshing sepulang bekerja. 

Namun, tidak jarang pula kegiatan tersebut masih belum cukup untuk menghilangkan stress akibat pekerjaan.

Jika sudah berada pada tahap tersebut, maka menghabiskan akhir pekan atau mengambil cuti untuk berlibur adalah keputusan yang paling tepat untuk Anda ambil.

Menyempatkan diri untuk berlibur ternyata tidak hanya berguna sebagai penghilang stres saja, namun juga dapat memberikan manfaat lain yang bisa memengaruhi kehidupan kerja Anda.

Jadi, jangan pernah ragu lagi menyempatkan diri untuk berlibur. Berikut hal yang membuat Anda akan sadar betapa pentingnya untuk liburan, seperti dikutip dari Cermati.com.

2 dari 4 halaman

1. Menjadi Lebih Bahagia dan Bisa Menikmati Hidup

Berkurangnya tingkat stres merupakan indikasi bahwa Anda merasakan kebahagiaan setelah berlibur.

Selain karena menikmati kegiatan berwisata, perasaan bahagia juga dapat timbul karena Anda bisa menyeimbangkan antara kehidupan di dunia kerja dengan kehidupan pribadi Anda. 

Tanpa disadari, perasaan bahagia tersebut kadang sudah mulai bisa dirasakan ketika masih dalam tahap perencanaan liburan. Menentukan destinasi, booking tiket transportasi dan penginapan, hingga packing pun akan terasa menyenangkan.

Dengan demikian, semangat Anda untuk bekerja pun akan kembali usai pulang berlibur. Jadi, sudah tentu dengan berlibur Anda akan bisa lebih menikmati hidup dan berbahagia.

2. Bisa Menumbuhkan Ide-ide Segar 

Berkurangnya beban pikiran saat tengah berlibur ternyata berpotensi untuk merangsang otak agar menghasilkan inspirasi atau ide segar dan unik.

Tak jarang, Anda bisa mencetuskan inovasi yang dapat diterapkan di dunia kerja untuk meringankan proses kerja atau untuk membuat perusahaan semakin berkembang.

Munculnya ide-ide yang unik merupakan bukti bahwa kegiatan berlibur dapat meningkatkan daya kreativitas Anda.

Dengan menyampaikan atau menerapkan ide tersebut, maka Anda dapat meningkatkan kualitas diri. Sehingga bukan tidak mungkin hasil kerja Anda akan menjadi semakin memuaskan bagi atasan.

Jika demikian, maka peluang Anda untuk menjejaki jenjang karier yang lebih tinggi pun akan semakin besar.

3 dari 4 halaman

3. Bisa Membuat Diri Menjadi Lebih Produktif

Sudah menjadi fakta umum bahwa produktivitas dalam bekerja bisa memberikan hasil yang maksimal.

Namun, jika Anda berpikiran bahwa bekerja melebihi waktu atau lembur adalah cara paling efektif untuk menjadi produktif, maka itu adalah pemikiran yang kurang tepat. 

Pada kenyataannya, bekerja dalam waktu yang lama secara terus menerus akan membuat Anda merasa jenuh, dan malah bisa mengurangi daya produktivitas.

Menyisihkan waktu untuk berlibur justru merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan semangat Anda dalam bekerja.

Selain menghilangkan penat, dengan berlibur maka tubuh dan pikiran Anda akan kembali segar, sehingga dapat membangkitkan energi untuk melanjutkan pekerjaan.

4. Mengurangi Stres dan Kesehatan Membaik

Bekerja secara terus menerus tanpa adanya kegiatan refreshing dapat memicu berbagai risiko penyakit. Gangguan kesehatan, seperti, serangan jantung, stroke, hipertensi, hingga obesitas akan lebih rentan menyerang tubuh Anda. 

Bahkan, tidak jarang pula stres yang timbul akibat terlalu banyak bekerja dapat menimbulkan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang tentunya akan merusak tubuh. Bukan tak mungkin hal tersebut akan meningkatkan risiko kematian.

Oleh sebab itu, jelas sekali jika kegiatan berlibur sangat ampuh untuk mengurangi stres setelah banyak bekerja. Apabila pikiran kembali fresh, kondisi tubuh pun akan menjadi semakin baik dan bugar.

Dengan pikiran dan fisik yang sehat, semangat untuk bekerja pun akan kembali, sehingga hasil kerja pun semakin memuaskan.

4 dari 4 halaman

5. Bisa Melatih Kerja Sama

Umumnya, orang-orang jarang menyadari bahwa kegiatan berlibur dapat melatih kemampuan untuk bekerja sama. Baik saat masih merencanakan liburan atau bahkan ketika telah tiba di destinasi wisata, perlu kekompakan, komunikasi, serta toleransi antar peserta liburan agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar. 

Kegiatan berlibur pun bisa menjadi sarana melatih kemampuan untuk tetap tenang dan mengupayakan agar kondisi tetap kondusif. Tak jarang saat liburan, Anda bersama rombongan akan dihadapkan pada situasi yang genting atau terjadi hal di luar dugaan. 

Tentunya, tanpa adanya kerjasama, masalah tersebut tidak akan bisa teratasi dengan baik. Dengan rutin berlibur, akan mengasah diri menjadi lebih meningkatkan toleransi dalam bersosialisasi di tempat kerja.

6. Melatih Kemampuan Softskill

Selain bermanfaat untuk melatih kemampuan menstabilkan emosi, aktivitas liburan juga dapat memberikan Anda kesempatan untuk melatih kemampuan softskill atau kemampuan diri Anda.

Beberapa kemampuan yang bisa Anda dapatkan saat berlibur adalah melatih kepandaian berkomunikasi, manajemen waktu, negoisasi, hingga yang berhubungan dengan kegemaran seperti memasak atau seni fotografi. 

Kesempatan mengenal masyarakat beserta kebudayaannya juga dapat memberikan Anda pengalaman baru yang berharga. Pastinya, ketika telah kembali ke dunia kerja, Anda dapat menerapkan pengalaman tersebut saat berinteraksi dengan rekan ataupun klien.

Tubuh dan Pikiran Segar, Kerja Pun Lancar

Kunci untuk menjalani pekerjaan dengan lancar adalah pikiran yang fresh. Jadi, jangan sampai Anda memaksakan diri untuk bekerja melebihi batas waktu normal untuk memenuhi target saja. Hal yang demikian hanya akan menambah tekanan, sehingga hasil kerja pun tidak bisa maksimal.

Ternyata liburan amat penting untuk meningkatkan daya produktif untuk bekerja, bukan? Dengan begitu, pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk berlibur, agar pikiran kembali fresh dan kerja pun menjadi lebih semangat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Bebas Stres di Hari Pernikahan dengan Tips ini
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Hilangkan Noda Aspal yang Menempel di Mobil