Sukses

Sulit Menumbuhkan Niat Menabung, Begini Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Niat memang terkadang susah untuk ditumbuhkan. Apalagi dalam hal menabung. Ini yang membuat orang kadang malas untuk menabung dan justru malah menghamburkan uang.

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk menghemat uang yang dapat membantumu mengembangkan strategi yang sederhana dan realistis, sehingga kamu dapat menabung untuk jangka pendek maupun jangka panjang dilansir dari Bank of America, Sabtu (17/1/2020).

1. Catat pengeluaran

Tips yang pertama untuk mulai menabung adalah dengan mencari tahu berapa banyak uang yang akan kamu belanjakan nantinya.

Selalu pantau pengeluaran dengan membuat catatan setiap kamu menerima dan mengeluarkan uang agar kamu mengetahui pengeluaranmu setiap harinya. Jangan lupa sisihkan uangmu untuk ditabung.

2. Anggaran untuk berhemat

Setelah kamu mencatat kebutuhanmu selama satu bulan, kamu dapat mulai mengatur pengeluaran yang tercatat dalam anggaran yang dapat diterapkan.

Anggaran harus menjelaskan bagaimana pengeluaran yang kamu pakai sesuai dengan penghasilanmu, sehingga kamu dapat membatasi pengeluaran jika berlebih.

 

2 dari 2 halaman

Prioritas

3. Memangkas pengeluaran

Jika pengeluaranmu terlalu tinggi dan tidak ada uang yag bisa ditabung, maka sudah saatnya kamu untuk mengurangi pengeluaranmu.

Seleksilah hal-hal yang tidak penting. Cara sederhana misalnya dengan tidak mudah tergoda dengan keinginanmu dan utamakan apa yang menjadi kebutuhan terlebih dahulu.

4. Tetapkan tujuan penghematan

Tips lain menghemat uang adalah dengan menetapkan tujuan. Mulailah dengan memikirkan apa yang ingin kamu ‘selamatkan’, misalnya kamu mau menikah atau merencanakan liburan.

Kemudian mencari tau berapa jumlah uang yang kamu butuhkan dan membuat perkiraan berapa lama kamu bisa mengumpulkannya.

5. Tentukan prioritas

Setelah pengeluaran dan penghasilan, sasaran kamu cenderung memiliki dampak terbesar pada bagaimana kamu mengalokasikan tabungan kamu.

Pastikan untuk mengingat tujuan jangka panjang agar kamu benar-benar menabung untuk prioritas jangka panjangmu.

 

Reporter : Helena Yupita