Sukses

Mau Kaya Raya di 2020, Simak Tips dari Miliarder

Liputan6.com, Jakarta - Tahun baru, harapan baru. Semua orang tentu menginginkan perubahan bagi diri mereka. Ada yang ingin lebih cerdas dengan studi, lebih ahli dengan belajar skill atau lebih kaya dengan strategi bisnis.

Jika Anda ingin kaya tahun depan, ada beberapa tips dari miliarder yang bisa Anda terapkan, sebagaimana dikutip dari laman CNBC, Senin (29/12/2019):

1. Investasi

Miliarder Barbara Corcoran menyatakan, jika ingin uang bekerja untuk Anda, maka jangan ragu untuk melakukan investasi. Investasi juga merupakan bentuk apresiasi terhadap diri sendiri yang sudah mencari uang dengan lelah banting tulang.

2. Belanjakan Uang

Meski Anda ingin mendapat banyak uang, bukan berarti Anda harus menyimpannya dan menumpuknya hingga ia dimakan rayap. Belanjakan uang Anda dengan cerdas, namun untuk kegiatan yang menghasilkan seperti bisnis dan lainnya.

3. Memberi lebih

Memberi lebih atau bersedekah bisa menjadi jalan membuat kekayaan bertambah. Setidaknya, Anda akan merasa bersyukur karena bisa mendapatkan uang meski lelah daripada orang-orang yang belum beruntung. Hal tersebut dapat memberi kepuasan batin tersendiri bagi Anda.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Belanja sesuai anggaran

Jangan takut membelanjakan uang jika memang Anda memerlukannya! Anda bisa mengatur berapa banyak Anda akan menghabiskan uang. Seperti miliarder Lin Sun yang menghabiskan 20 persen gajinya untuk kebutuhan sehari-hari. Sisanya, dia gunakan untuk menabung dan investasi.

5. Buat pelacakan finansial

Membuat daftar uang masuk dan keluar akan membantu Anda melacak kemana saja uang Anda mengalir. Caranya, buat budget planner yang terdiri dari kolom tanggal, besaran pengeluaran dan keterangan pengeluaran. Cobalah selama 12 bulan. Anda akan menemukan total pengeluaran dan pemasukan Anda per bulan serta bisa membandingkannya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: