Sukses

Jokowi Lepas Ekspor Perdana 120 Unit Mobil Pikap Isuzu Traga

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas ekspor perdana Isuzu Traga rakitan Indonesia di Pabrik Isuzu Plant Kawasan Industri Suryacipta Karawang Jawa Barat. Setidaknya, ada 120 unit mobil pikap yang akan diekspor ke Filipina.

"Saya sangat menghargai pagi ini PT Isuzu bisa ekspor perdana 120 kendaraan niaga Isuzu Traga ke Filipina," kata Jokowi di Karawang, Kamis (12/11/2019). 

Dia menekankan jika fokus kerja pemerintah saat ini adalah mengurangi impor dan meningkatkan ekspor. Apresiasi pun dia berikan atas langkah Isuzu yang menargetkan mengekspor 6.000 unit kendaraan tahun 2020.

Jokowi menyatakan dalam tiga tahun ke depan Isuzu Astra menargetkan bisa mengekspor ke 20 negara yang berada di wilayah Afrika, Asia Timur, Timur Tengah, hingga Amerika Latin.

"Ini yang diharapkan oleh pemerintah. Ekspor kita semakin meningkat, semakin terus naik. Yang pada ujungnya kita harap CAD (current account defisit) kita mengecil dan semakin neraca dagang juga bisa surplus," jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tak ingin nilai impor lebih besar daripada ekspor. Menurut dia, apabila berhasil mengatasi masalah defisit transaksi berjalan dan defisit neraca perdagangan, maka pemerintah akan siap bertarung dengan negara manapun.

"Kalau ini rampung. kalau defisit neraca transaksi berjalan dan neraca perdagangan rampung, kita dengan negara manapun, tarung berani," tutur Jokowi.

 

2 dari 2 halaman

Standar Kelas Dunia

Sementara itu, Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia Jap Ernando Demily mengatakan ekspor ini tak hanya bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Namun, juga sebagai bentuk upaya untuk terus meningkatkan kualitas produk Isuzu agar memenuhi standar kualitas kelas dunia.

Dengan begitu, Indonesia bisa menjadi sebagai salah satu basis produksi global kendaraan Isuzu di luar Jepang.

"Isuzu Indonesia berharap ekspor ini dapat menjadi tonggak baru sejarah Isuzu di Indonesia dan menjadi batu loncatan serta pembuka yang baik untuk persembahan-persembahan lain dari Isuzu untuk Indonesia dan dunia," ujar dia dikutip dari keterangan resmi.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Isuzu