Sukses

3 Cara Optimalkan Sistem Otomasi Pemasaran Bisnis

Berikut adalah tiga cara Anda dapat mengoptimalkan sistem otomasi pemasaran Anda untuk mendapatkan hasil terbaik

Liputan6.com, Jakarta Otomasi pemasaran adalah sistem yang dapat diulang untuk memetakan aktivitas pembeli dengan pengiriman pesan melalui percakapan online yang sedang berlangsung.

Dan jika dieksekusi dengan baik, Anda akan mendapatkan kepercayaan dari pembeli, dan upaya yang Anda lakukan ke dalam sistem akan menghemat waktu dan uang Anda.

Dengan mengatur sistem Anda dengan benar sejak awal, Anda dapat membuat percakapan yang lebih baik dengan pembeli dan mempelajari bagaimana perilaku klien potensial Anda.

Agar berhasil mendapatkan kepercayaan pembeli yang sulit dipahami dan menggunakan otomasi pemasaran secara efektif, Anda harus mengatur sistem sehingga setiap bagian dapat dengan mudah bertambah seiring pertumbuhan perusahaan Anda.

Berikut adalah tiga cara Anda dapat mengoptimalkan sistem otomasi pemasaran Anda untuk mendapatkan hasil terbaik, seperti dikutip dari Laruno.

1. Tentukan proses 

Pertama-tama tentukan proses untuk mensegmentasi pembeli Anda, dan menerapkannya pada sistem otomasi pemasaran Anda.

Setelah itu, ketahuilah apa yang mereka butuhkan untuk membangun kepercayaan, tanyakan pada diri sendiri bagaimana Anda akan mengidentifikasi segmen secara real time berdasarkan demografi, firmografi, dan perilaku.

Kriteria yang Anda tentukan menjadi aturan yang akan Anda bangun dalam sistem otomasi pemasaran Anda.

Anda juga dapat mengembangkan proses untuk penyelarasan penjualan, dan manajemen kehidupan pelanggan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kenali data pembeli

Prioritaskan mengambil data tentang perilaku selama mengirim email dan tujuan jangka pendek lainnya.

Kelemahan terbesar yang dibuat perusahaan dalam otomasi pemasaran adalah kegagalan untuk mengambil data, yang merupakan peluang yang terlewatkan yang membutuhkan pengejaran substansial.

Anda perlu mengajukan pertanyaan cerdas, meminta tim penjualan Anda memasukkan data penting dan menggunakan data scrubbing atau menambahkan taktik untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang pembeli Anda.

3 dari 3 halaman

3. Tetapkan tujuan dasar

Unsur pemasaran yang paling diabaikan adalah membuat proyeksi dasar. Tetapi jika Anda tidak tahu ke mana tujuan Anda, bagaimana Anda bisa mencapai target Anda?

Beberapa pemasar ragu untuk menetapkan sasaran dasar karena mungkin menarik perhatian pada kegagalan.

Tetapkan tujuan dan dokumentasikan proses dan hasil Anda sehingga Anda dapat belajar dari kesalahan Anda.

Pemasar sering menggunakan teknologi otomasi pemasaran untuk mendefinisikan proses mereka. Mereka mencari apa yang diperlukan dalam perangkat lunak dan membuat karya-karya itu. Otomatisasi pemasaran memberi Anda proses yang solid untuk akuisisi, serta manajemen.

Jika Anda mengembangkan proses, menangkap data, dan membuat tujuan dasar, Anda dapat menggunakan sistem secara efektif untuk menumbuhkan bisnis Anda.

Jika Anda bersedia melakukan pekerjaan yang diperlukan, Anda dapat berhasil dan berkembang melalui otomatisasi pemasaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini