Sukses

Awas! Ternyata Junk Food Bikin Malas Kerja

Liputan6.com, Jakarta Disadari atau tidak makanan enak yang dijajakan di luar sana kadang memiliki dua sisi yang berbeda. Di satu sisi rasanya memang enak dan selalu membuat Anda ketagihan, namun di sisi lain karena makanan itu memiliki komposisi yang tidak tepat membuatnya tidak sehat dan membahayakan diri sendiri.

Jika Anda pernah memakan roti lapis jenis burger atau sandwich dengan banyak tumpukan roti dan sayuran serta saus, itu adalah salah satu jenis junk food. Terdengar menggiurkan dan sedap memang.

Akan tetapi, pada kenyataannya burger dan jenis makanan sejenis tergolong tidak bergizi dan bisa membahayakan tubuh. Junk food memang berbahaya apabila dikonsumsi berlebih bahkan setiap hari.

Meski rasanya enak karena memiliki citarasa unik, namun berlebihan dalam mengonsumsi ini bisa berakibat pada kesehatan. Selain kesehatan, junk food juga berperan dalam membuat semangat kerja Anda menurun. 

Lalu, apa pengertian sebenarnya dari junk food dan mengapa dapat membuat semangat kerja menurun? Simak ulasan berikut alasan kenapa junk food bikin malas kerja, seperti dikutip dari Cermati.com.

Apa itu Junk Food dan Bahayanya Jika Dikonsumsi Berlebih

Junk food atau secara harfiah disebut dengan makanan “sampah” merupakan salah satu kategori makanan tidak sehat.

Makanan ini merupakan makanan dengan ciri memiliki kadar gizi rendah, namun memiliki bahan lain yang sebenarnya tidak penting bagi tubuh.

Dalam hal ini, junk food memiliki kadar garam, gula, dan lemak tinggi yang porsinya tidak sesuai dengan kebutuhan sehari-harinya. 

Gula, garam, dan lemak sebenarnya merupakan salah satu bahan esensial dari makanan, namun jika dikonsumsi berlebih bisa berbahaya bagi tubuh.

Jadi, junk food merupakan makanan yang hanya mengandalkan citarasa saja namun mengesampingkan gizi yang dari makanan tersebut. Karena hanya memiliki satu atau dua zat gizi yang dominan alias tidak seimbang, jelas membuat makanan ini tergolong tidak sehat.

Jika dikonsumsi berlebih atau setiap hari, tentu akan membuat tubuh terlalu banyak menerima zat yang seharusnya tidak diperlukan. Hal ini bisa memicu banyak gejala dan penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

2 dari 3 halaman

Beberapa Faktor yang Membuat ‘Junk Food’ Membuat Malas Kerja

Setelah memahami pengertian di atas, ada beberapa alasan dan faktor yang membuat junk food bisa membuat semangat kerja menurun, di antaranya:

1. Junk Food Tinggi Kalori dan Lemak

Junk food memang dikenal memiliki kandungan gizi yang tidak seimbang termasuk memiliki kalori dan lemak tinggi.

Kalori memang sumber utama energi manusia, namun jika kalori berlebih diserap tubuh tentu akan disimpan menjadi lemak dan menjadi masalah tesendiri bagi diri Anda.

Lemak dan kalori tinggi tentu bisa menambah berat badan Anda dan membuat pergerakan tubuh semakin berkurang.

Seseorang yang terlalu banyak lemak tentu merasa malas dalam beraktivitas dan bisa saja menjadikannya tidak semangat bekerja. Kalau sudah begini jelas pekerjaannya tidak akan selesai dengan baik.

2. Junk Food Bikin Kenyang Semu

Kenyang semu adalah kondisi tubuh sudah kenyang namun kebutuhan gizi tidak tercukupi dengan semestinya. Hal ini merupakan salah satu efek dari memakan junk food. Bila Anda makan junk food setiap hari, bisa jadi rasa ini akan menjangkiti tanpa henti.

Rasa kenyang semu memang membuat Anda menjadi malas dan tidak mau beraktivitas. Hal ini seharusnya dihindari karena bisa membuat semangat kerja menjadi berkurang. Jika dibiarkan terus menerus tentu penyakit sperti obesitas bisa menjangkiti tubuh sewaktu-waktu.

3 dari 3 halaman

3. Junk Food Bikin Mudah Mengantuk

Junk food yang menjadikan Anda malas juga memberi efek lain seperti mudah ngantuk. Hal ini lagi-lagi terjadi karena kandungan gizi junk food yang tidak seimbang.

Makan terlalu banyak junk food membuat mudah ngantuk dan pekerjaan tidak akan selesai karena ngantuk membuat semangat seseorang berkurang secara drastis.

4. Harga yang Tidak Sebanding Dengan Gizinya

Kebanyakan junk food harganya lebih mahal dari makanan yang dijual di pedagang kaki lima atau warung makan.

Meski mahal, nyatanya gizi yang tidak seimbang juga membuat seseorang tidak semangat bekerja di kantor.

Selain itu, harga mahal kadang membuat teman kantor suka meminta makanan begitu saja sehinggat mood tidak bagus dan semakin tidak bersemangat untuk bekerja.

Sebaiknya Pilih Makanan Sehat untuk Kebaikan Anda

Ternyata junk food memang tidak baik apabila dikonsumsi terlalu berlebih, apalagi jika Anda sedang bekerja di kantor setiap hari. Kurangnya semangat kerja di kantor akan menghambat produktivitas sehingga akan menjadi masalah di lain waktu.

Oleh karena itu, terapkan pola hidup sehat dengan lebih memilih makanan sehat untuk kerja Anda agar selalu semangat bekerja dan menjadi lebih baik. Bebas malas dengan hindari junk food.

Loading
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Ajarkan Kedisiplinan Sejak Dini
Artikel Selanjutnya
Biar Semangat, Begini Cara Mudah Usir Rasa Malas