Sukses

Sejumlah Pasar Tradisional di Tangerang Belum Siap Terapkan Transaksi Cashless

Beberapa pasar di Kabupaten Tangerang yang masih sangat kumuh dan becek hingga saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah banyaknya pasar tradisional yang sudah menerapkan cashless atau pembayaran nontunai dalam transaksinya, ternyata sebanyak 19 pasar tradisional di Kabupaten Tangerang belum siap untuk menerapkan sistem pembayaran non tunai tersebut.

Selain karena masyarakatnya yang memang belum siap menerima cara transaksi baru tersebut, ternyata pemerintahan Kabupaten Tangerang juga sedang fokus dalam merevitalisasi ke-19 pasar tradisional ke pasar modern anti becek.

"Belum siap untuk cashless karena Bupati Zaki periode kemarin baru melaksanakan revitalisasi pasar yaitu penataan pasar. Karena pasar kumuh dan kita perbaiki dulu pasar-pasar yang kumuh, becek yang level marketnya naik," jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Tini Wartini, di The Breeze BSD City, Kamis (28/11/2019).

Dia juga mengakui masih ada beberapa pasar di Kabupaten Tangerang yang masih sangat kumuh dan becek hingga saat ini. Namun, dia berharap sesegera mungkin dapat mewujudkan sistem pembayaran non tunai di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Tangerang seperti yang sudah diterapkan di Kota Tangerang.

"Tapi kami sedang revitalisasi dulu dari kumuh dan nyaman. Jadi kenyamanan dulu dan nanti segera bertahap ada sarana prasarana untuk digitalisasi itu," sambung Tini.

Sementara Direktur Utama PD Pasar Kabupaten Tangerang, Jamaludin menerangkan proses revitalisasi ke-19 pasar tradisional di Kabupaten Tangerang sudah 90 persen.

"Kondisinya 90 persen sedang proses revitalisasi dan dipastikan dua tahun lagi tidak ada pasar becek di Kabupaten Tangerang," kata Jamaludin.

Namun, dia meyakinkan kalau pihaknya sudah mempersiapkan data bilamana Pemerintahan Kabupaten Tangerang ingin mewujudkan sistem cashless pada pasar tradisional.

"Dimungkinkan juga pembelanja bisa dengan cara yang digital kami ada datanya. Diharapkan aplikasinya yang bener, baik dan ramah seluruh pedagang dan pembelanjanya," ucap Jamaludin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Mengenal

Namun, beberapa pasar tradisional Kabupaten Tangerang telah masuk wilayah pengembang Sinar Mas Land seperti Pasar Cisauk. Pada BSD City sendiri, penggunaan pembayaran non tunai bahkan sudah dikenal baik sampai ke Pasar Modern dan Pasar Modern Intermoda.

Di sana para pengunjung dapat berbelanja dan bertansaksi dengan Go-Pay, Ovo, Dana dan berbagai aplikasi fintech lainnya. Panji Himawan selaku Corporate Communication & Public Affairs Division Head Sinar Mas Land menjelaskan, siap membantu percepatan digitalisasi untuk masuk ke pasar tradisional di Kabupaten Tangerang.

"Tidak hanya kemudahan bertansaksi di mal atau pasar tradisional, Sinar Mas Land juga telah menerapkan metode pembayaran cashless untuk setiap penghuni atau warga yang hendak melalukan pembayaran IPL," tutur Panji. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.