Sukses

Ingin Investasikan Uang buat Masa Depan, Perhatikan Dulu 4 Hal Berikut

Liputan6.com, Jakarta - Saat Anda telah mampu memiliki kondisi keuangan yang baik, bebas utang, dan sudah memenuhi dana darurat, tahap selanjutnya adalah apa yang harus dilakukan?. Jawabannya, investasi bisa menjadi pilihan untuk bisa melipatgandakan keuangan.

Menurut Ryan Cole, Penasihat Kekayaan Pribadi Citrine Capital, sebelum menginvestasikan uang apalagi dalam jumlah yang cukup besar, harus mempertimbangkan beberapa hal. Seperti usia, tujuan investasi, kekayaan bersih, dan toleransi risiko.

"Secara umum, Anda ingin berinvestasi lebih konservatif seiring bertambahnya usia," kata Cole.

Berikut cara terbaik menginvestasikan uang , seperti yang dilansir dari CNN Business:

1. Buat Portofolio Investasi Terdiversifikasi

David Tuzzolino, perencana keuangan bersertifikat dan pendiri PathBridge Financial, menyarankan untuk membangun portofolio saham termasuk saham besar, menengah dan kecil, serta saham internasional. Ini dilakukan baik melalui dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) atau reksa dana berbiaya rendah.

Jika Anda tidak ingin mengambil risiko sebesar itu, ia merekomendasikan untuk menginvestasikan sebagian portofolio dalam obligasi, dan mungkin bahkan dalam jumlah kecil 5 persen atau lebih dalam emas.

2. Investasi dalam Properti

Menurut Bill Nelson, perencana keuangan bersertifikat dan pendiri Perencanaan Pacesetter, pertimbangkan juga investasi dalam real estate. Investasi properti bisa menjadi pilihan yang menarik.

"Namun, sebelum Anda melakukan ini, Anda harus sudah memiliki portofolio yang terdiversifikasi dengan baik, terutama jika Anda ingin berinvestasi dalam satu properti," jelas Nelson.

2 dari 2 halaman

Hal Lain

 

3. Rencanakan masa depan

Banyak orang yang berpikir, jika tujuan berinvestasi untuk masa depan, diartikan pensiun. "Jika mereka berjuang dengan menabung untuk pensiun, saya ingin mengarahkan investasi ke tujuan itu," kata Jeff Burke, Perencana Keuangan dan Pendiri 7th Street Financial.

Dengan memiliki rencana pensiun yang maksimal, nantinya uang itu dapat diinvestasikan sebagai rencana masa depan lainnya seperti pendidikan anak-anak atau cucu.

Burke mengatakan penting untuk mempertimbangkan kerangka waktu investasi untuk sesuatu seperti pendidikan. Bisa saja di masa depan, biaya pendidikan menjadi mahal, maka diperlukan persiapan keuangan.

4. Investasikan Diri

Nelson mengatakan penting juga untuk berinvestasi kepada diri sendiri. Sebab hal ini akan menghasilkan timbal balik. Misalnya pelatihan karir atau pendidikan, atau berinvestasi dalam bisnis adalah cara yang bagus untuk berinvestasi dalam membangun karier.

"Peluang investasi semacam ini sering kali paling diabaikan, tetapi terus terang, mereka dapat memiliki pengembalian paling besar sejauh ini," tandas Nelson.

Loading
Artikel Selanjutnya
Resolusi Keuangan yang Wajib Pasangan Milenial Miliki di Tahun 2020
Artikel Selanjutnya
Agar Uang Tidak Cepat Habis, Milenial Wajib Lakukan 6 Hal ini