Sukses

Blok 1-2 Pasar Senen Jaya Dibangun, Berapa Harga Sewa Kiosnya?

Liputan6.com, Jakarta - PT Pembangunan Jaya Tbk memulai ground breaking pembangunan Pasar Senen Jaya Blok 1 dan 2. Perseroan menyiapkan dana sekitar Rp 900 miliar untuk kedua proyek yang ditargetkan selesai 2022.

Adapun gedung ini punya ketinggian 6 lantai, memiliki sebanyak 2.087 unit kios dengan ukuran luas 6 meter persegi. Lantas, berapa harga sewa kios tersebut?

Manajer Pemasaran PT Pembangunan Jaya Tbk Dodit Herdianto mengatakan, Pasar Senen Jaya Blok 1 dan 2 nantinya akan mempunyai 6 lantai, dimana 4 lapis akan dijadikan pusat perdagangan, sementara 2 lainnya sebagai tempat parkir.

"Pasar Senen Jaya Blok 1 dan 2 sebagai tradecenter empat lapis, dua lapis untuk parkir. (Jenis usaha) yang diutamakan untuk pedagang lama, sudah termasuk pedagang pakaian bekas, perlengkapan lain, kacamata, dan tekstil," jelasnya saat acara ground breaking pembangunan Pasar Senen Jaya Blok 1 dan 2 di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

 

Dodit melanjutkan, beberapa kios di lantai 3 sudah dipasarkan dengan rentang harga Rp 44 juta-Rp 130 juta per meter persegi.

"Harga perdana setelah itu pasarkan keluar dengan kenaikan harga Rp 44-130 juta per meter persegi. Ktu sudah harga ke penyewa lama, belum termasuk pajak, ukuran standar (kios) enam meter persegi," tuturnya.

Dia melanjutkan, harga kiosnya pun bervariasi di tiap lantai. Seperti di lantai 2, yang harga minimal per meter perseginya lebih tinggi Rp 10 juta dibanding lantai 3.

"Jadi tadi kalau ditanya berapa harga kios di lantai 2, Rp 50 juta kali 6 meter itu Rp 300 juta. Tambahn PPn Rp 330 juta, itu sama dengan 6 meter (persegi) untuk 20 tahun," ujar dia.

Skema kontraknya pun dibagi ke dalam tiga cara. "Ada cash, bisa dicicil enam kali. Lalu ada tunai bertahap, dicicil 36 kali. Ada juga pembiayaan bank KPR," ungkap Dodit.

Dari keseluruhan kios yang tersedia di Blok 1 dan 2 Pasar Senen Jaya, sebanyak 40 persennya kini sudah tersewakan. "Kita sudah memasarkan 40 persen, sudah tersewa," tukas Dodit.

2 dari 3 halaman

Habiskan Rp 900 Miliar, Proyek Pasar Senen Jaya Blok 1-2 Rampung di 2022

PT Jaya Real Property Tbk memulai ground breaking pembangunan Pasar Senen Jaya Blok 1 dan 2. Perseroan menyiapkan dana sekitar Rp 900 miliar untuk kedua proyek yang ditargetkan selesai 2022.

Direktur Utama PT Jaya Real Property Trisna Muliadi dalam sambutannya mengatakan, mulanya pengembangan Pasar Senen akan dilakukan untuk Blok 5. Namun karena Blok 1 dan 2 sempat terbakar, akhirnya kedua tempat tersebut yang lebih dulu diprioritaskan.

"Berdasarkan jadwal, saat ini Blok 5 yang harus dibangun. Namun karena blok 1-2 terbakar, jadi urgensinya blok 1-2 yang perlu dibangun. Jadi blok 1-2 lebih cepat dari rencana pembangunan kami," jelasnya di proyek Blok 1 dan 2 Pasar Senen Jaya, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Sementara itu, Wakil Direktur Utama PT Jaya Real Property Tbk Yohannes Henky Wijaya menyampaikan, pihaknya berinvestasi sekitar Rp 900 miliar untuk pembangunan Blok 1 dan 2 Pasar Senen Jaya ini.

"Investasinya kira-kira Rp 900 miliar. (Modal) Pembiayaannya kan pasti ada dari sewa kepada para pedagang, kemudian ada juga dari asuransi, karena kan waktu itu (Blok 1 dan 2) terbakar," ungkap dia.

Pria yang akrab disapa Henky ini menerangkan, luas lahan dari kedua blok pasar itu sekitar 68 ribu meter persegi. Targetnya, proyek ini dapat rampung pada April 2022.

Untuk proses pembangunan, Blok 1 dan 2 Pasar Senen nantinya bakal dikerjakan oleh beberapa anak usaha yang berada dibawah PT Pembangunan Jaya.

"Terus kemudian nanti pembangunannya oleh Jaya Konstruksi bersama dengan Jaya Teknik Indonesia," tukas Henky. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: