Sukses

Pensiun jadi Dirjen Pajak, Robert Pakpahan Ingin Pulang Kampung

Usai Pensiun jadi Dirjen Pajak, ada sejumlah yang ingin dilakukan Robert Pakpahan.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Dirjen Pajak Robert Pakpahan telah selesai menyelesaikan tugasnya di Kementerian Keuangan. Ia resmi digantikan oleh Suryo Utomo yang baru dilantik pada Jumat (1/11/2019) di Gedung Djuanda, Kementerian Keuangan.

Memasuki bab baru dalam kehidupannya, Robert memutuskan untuk beristirahat dulu sembari berolahraga. Selanjutnya, dia berniat pulang ke Pematangsiantar.

"Tiga bulan istirahat. Harus bisa olahraga. Saya mau naik sepeda di GBK. Mutar-mutar di Senayan," ujar Robert usai upacara pelantikan Eselon I dan II baru di Kemenkeu.

 

Robert pun berkata ingin pulang kampung ke Pematangsiantar. Kepulangannya bukan sekadar ingin liburan, melainkan demi kembali ke ranah agar ia terus mengingat jati dirinya yang sebenarnya.

"Saya mau pulang kampung ke Pematangsiantar, mencoba memahami asal-usul saya dulu, saya menapak tilas lagi, mengapresiasi hidup mulai dari awal sampai sekarang," ujar Robert.

Ia pun menyampaikan pesan agar jangan sampai ada orang yang lupa latar belakang hidupnya, meski ia sudah mencapai sukses sekalipun.

"Never forget where you came from. Walaupun Anda sudah sampai di mana, jangan pernah lupa dari mana anda berasal," ujar Robert.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suryo Utomo Dilantik jadi Dirjen Pajak Gantikan Robert Pakpahan

Suryo Utomo terpilih sebagai Dirjen Pajak yang baru. Ia dilantik pukul 09.00 pada upacara yang dihadiri pejabat Eselon I dan II di Gedung Djuanda, Kementerian Keuangan pada Jumat (1/11/2019).

Suryo dilantik bersama beberapa pejabat Eselon I dan II lain. Pelantikan sekaligus menjawab spekukasi pengganti Robert Pakpahan yang baru saja pensiun.

Suryo Utomo menggantikan Robert Pakpahan yang menyelesaikan masa jabatannya pada Kamis kemarin. Usia Suryo Utomo yang masih 50 tahun relatif jauh lebih muda dari usia Robert ketika dilantik menjadi Dirjen Pajak, yakni 58 tahun.

"Saya percaya bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (1/11/2019). 

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati melantik Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada hari ini. Kementerian Keuangan sendiri sebenarnya telah menjadwalkan pelantikan Dirjen Pajak tersebut pada Kamis lalu, namun ditunda.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti mengatakan alasan bergesernya jadwal pelantikan dikarenakan ada agenda lain yang harus dihadiri oleh Sri Mulyani. Di mana, Presiden Joko Widodo akan menggelar rapat terbatas (ratas) kabinet di Istana Kepresidenan.

Seperti diketahui, masa jabatan Robert Pakpahan sebagai Dirjen Pajak berakhir karena telah memasuki masa pensiun. Robert sebelumnya dilantik menjadi Dirjen Pajak pada 30 November 2017 lalu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.