Sukses

Catat, Lima Tips Menghemat Uang

Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi untuk cara menghemat uang, cara ini mungkin saja dapat membantu Anda.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang pasti sering mengalami kesulitan dalam menyimpan uang. Bahkan diantaranya kesulitan untuk mengelola keuangan.

Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi untuk menghemat uang, cara ini mungkin saja dapat membantu. Melansir dari America Saves, Rabu (23/10/2019) berikut lima tips menyimpan uang dengan benar:

1. Menyimpan dana darurat

Tips ini adalah yang paling umum diberikan jika Anda bertanya tentang bagaimana mengelola keuangan. Untuk menyimpan dana darurat, mulailah dengan menghemat apa yang bisa dihemat.

Selain itu usahakan untuk menyisihkan pendapatan sebagai dana darurat. Seperti dengan namanya, dana daurat mungkin saja akan berguna jika Anda sedang dalam kondisi yang membutuhkan uang.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menetapkan anggaran

Cara terbaik untuk memulai menyusun anggaran adalah dengan menyadari kebiasaan berbelanja. Susun pengeluaran Anda ke dalam kategori. Misalnya bahan makanan, belanja, dan perawatan pribadi. Cara tersebut akan menjadi mudah dan jelas kemana larinya uang Anda.

3. Menabung

Tips ini adalah yang paling sering diberikan. Tetapi menabunglah untuk jangka panjang bukan hanya jangka pendek atau menengah. Simpan untuk tujuan seperti biaya kuliah, pensiun, atau keadaan darurat.

3 dari 3 halaman

4. Berikan batasan dalam kartu kredit

Ingatkan diri Anda untuk memikirkan setiap pembelian dengan memberikan pembatasan dalam kartu kredit. Hal tersebut membuat Anda menjadi tidak terlalu boros.

5. Investasi

Jika penghasilan Anda rendah, bisa saja untuk mengikuti tips untuk berinvestasi. Selain menambah pengetahuan tentang investasi, Anda juga tidak akan mendapatkan tambahan uang secara tidak langsung.

Reporter: Chrismonica

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.