Sukses

Menhub AS Elaine Chao Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ternyata mengirimkan sosok istimewa dalam pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Dalam acara ini, pejabat AS yang datang bukan sekadar diplomat, melainkan Menteri Perhubungan Elaine Chao.

Kehadiran Elaine Chao diumumkan langung oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo sekitar pukul 15:40 ketika membuka sidang pelantikan presiden. Elaine Chao tampak tersenyum dan melambai ketika disorot kamera.

"Yang mulia Elaine Chao utusan khusus presiden Amerika Serikat,"ujar Bambang Soesatyo.

Elaine Chao duduk di antara utusan Laos dan Thailand. Ia hadir ke pelantikan dengan balutan atasan berwarna burgundy dan celana hitam.

Elaine bukanlah sosok sembarangan, ia merupakan istri dari Senator Mitch McConell yang menjabat sebagai Pemimpin Mayoritas Senat. McConell merupakan sekutu Presiden Trump di Kongres yang resisten terhadap tuntutan pemakzulan.

Elaine Chao merupakan menhub yang dipilih sejak tahun 2017. Wanita kelahiran Taipei ini adalah salah satu sosok dari kalangan minoritas di kabinet Trump. Posisinya sebagai menteri pun relatif aman dari kontroversi.

Sebelum menjadi Menhub, Elaine Chao juga pernah menjadi menteri di era Presiden George W. Bush. Ia menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan pada tahun 2001-2009 alias dua periode.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 2 halaman

Sultan Terkaya di Dunia Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

Sultan terkaya di dunia turut hadir di Gedung DPR untuk menyaksikan pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin.

Ia adalah Sultan Hassanal Bolkiah asal Brunei Darussalam yang tercatat sebagai sultan terkaya di dunia. Kekayaannya mengalahkan Raja Salman dari Saudi Arabia, serta Amir dari Qatar dan Uni Emirat Arab.

Menurut Business Insider, kekayaan Sultan Hassanal adalah USD 20 miliar atau Rp 283 triliun (USD 1 = Rp 14.152). Ia pun dikenal hobi koleksi mobil mewah seperti Rolls Royce. 

Kekayaan Sultan Hassanal berkat melimpahnya cadangan minyak di Brunei. Sang sultan juga punya jaringan hotel mewah di negara-negara maju seperti Hotel Bel-Air (Los Angeles), Dorchester (London), Le Meurice (Paris), Eden (Roma), dan Principie di Savoia (Milan).

Hassanal Bolkiah sejatinya sudah bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara. Ia adalah pemimpin negara sahabat pertama yang bertemu Jokowi. Namun, kedatangannya ke Gedung DPR baru diumumkan menjelang pukul 15.00.

Para tokoh dari negara sahabat yanf hadir di pelantikan Presiden Joko Widodo yakni PM Malaysia Mahathir Mohammad, PM Singapura Lee Hsien Loong, wakil Presiden China Wang Qishan, serta utusan lain dari negara-negara ASEAN.

Loading
Artikel Selanjutnya
Akhir Profesor Abal-Abal yang Ingin Gagah-gagahan Foto di DPR
Artikel Selanjutnya
Polisi Tangkap 2 Orang Penyandang Dana Rencana Gagalkan Pelantikan Presiden