Sukses

HEADLINE HARI INI:ELITE PARPOL DI PELANTIKAN PRESIDEN 2019, TAK SEKADAR MENYEJUKKAN TAPI MEREKATKAN

Penyerang Wiranto Ternyata Korban Gusuran Tol Medan-Binjai

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), Wiranto, ditusuk saat melakukan kunjungan kerja di Pandeglang. Pelaku menggunakan pisau sejenis kunai.

Pelaku diketahui bernama Syahril Alamsyah alias Alam (31) asal Medan. Alam sebelumnya warga di Jalan Alfaka VI No 104, Tanjung Mulia Hilir, Medan Deli, Medan. Namun, sekitar setahun lalu rumah keluarganya itu digusur untuk pembangunan jalan Tol Binjai-Medan.

Dikutip dari laman KPPIP, proyek tol Medan-Binjai merupakan bagian dari delapan ruas Trans Sumatera dan memiliki panjang sekitar 16 kilometer (Km).

Proyek tersebut bernilai investasi Rp 1,604 triliun dengan skema pendanaan penugasan BUMN. Penanggung jawab proyek ini ialah Hutama Karya.

Tol Medan-Binjai dibagi menjadi tiga seksi dan akan berlokasi di Sumatera Utara. Ketiga seksi yang dimaksud adalah:

(1) Seksi I: Tanjung Mulia – Helvetia;

(2) Seksi II: Helvetia – Semayang;

(3) Seksi III: Semayang – Binjai.

Setelah rumahnya digusur, penusuk Menko Wiranto pergi merantau. Kerabatnya yang tinggal di sekitar lokasi itu hanya kakak iparnya, Trinawati. "Di sini tinggal istri abangnya yang nomor satu, almarhum Sukarman," kata Rizaldi, Kepala Lingkungan V Kelurahan Tanjung Mulia Hilir.

Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Sumber: Merdeka.com

 

2 dari 4 halaman

Konstruksi Tol Ditarget Dimulai April 2019

Pemerintah Jokowi-JK akan merampungkan pembebasan lahan jalan Tol Medan-Binjai sepanjang 6 Kilometer (Km) pada Maret tahun ini. Dengan demikian konstruksi dapat dimulai pada April 2019.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, mengatakan pembangunan tol Medan-Binjai kini sudah mulai memasuki kota Medan. Namun, masih menemui kendala pembebasan lahan.

"Jadi, masuk ke Kota Medan, ini kan sebagian dari Binjai sudah selesai. Cuma ada sebagian yang masyarakat, yang 6 Km ini pembebasannya sedikit tersendat," ujar Menteri Rini.

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Pengadaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang Arie Yuriwin mengatakan, pembayaran ganti rugi kepada masyarakat akan dilakukan pada akhir Maret. Penggantian akan dilakukan sesuai dengan keputusan Kementerian ATR.

"Lahan Binjai sudah disepakati bahwa akhir bulan Maret ini untuk pembayaran ganti rugi, sebagaimana keputusan Pak Menteri ATR akan dilaksanakan," jelasnya.

Adapun proses pembayaran ganti rugi sudah diatur dalam Surat Menteri ATR/BPN No 4405/50/XII/2017 yang dikeluarkan 7 Desember 2017 terkait penyelesaian Permasalahan Pengadaan Tanah Jalan Tol Medan-Binjai.

Dalam aturan ini dijelaskan, Pemerintah Kota dapat menggunakan kewenangan sesuai undang-undang No 23 Tahun 2014 dalam menyelesaikan ganti rugi dengan porsi 70 persen kepada masyarakat yang menguasai tanah dan 30 persen kepada pemegang sertifikat dan ahli waris.

 

3 dari 4 halaman

Menko Wiranto Diserang Saat Kunjungan Kerja

Menko Polhukam Wiranto diserang orang tak dikenal saat kunjungan kerja di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10). Pelaku berjumlah dua orang, menyerang dengan menggunakan pisau.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Edy Sumardi mengatakan, identitas pelaku masih dicari oleh polisi. Namun, dua pelaku sudah diamankan polisi. Satu laki-laki, satu perempuan.

"Iya betul (dua orang ditangkap)," kata Edy saat dihubungi merdeka.com.

Kejadian tersebut berlangsung sekitar Pukul 11.30 WIB. Pelaku penusukan satu orang. Namun sebelum kejadian, pelaku datang ke lokasi bersama sang istri.

"Pelaku diduga sendiri, dia melakukan sendiri, tapi pada saat sebelum kejadian dia bersama istrinya berdua," jelas Edy.

Untuk peran istrinya, Edy belum mau mengungkap. Saat ini polisi terus menyelidiki motif pelaku menyerang Wiranto.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Masih Belum Pulih, Begini Kabar Terbaru Wiranto
Artikel Selanjutnya
Wiranto Kembali ke RSPAD Usai Silaturahmi di Kemenkopolhukam