Sukses

Cuma Sok Sibuk atau Memang Produktif? Kenali Ciri-cirinya

Apakah Anda termasuk orang yang sekadar sibuk atau memang produktif? Kenali ciri-cirinya berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai seorang makhluk sosial, manusia seringkali memiliki banyak rutinitas yang harus dilakukan setiap harinya. Tak jarang, seseorang harus melakukan berbagai pekerjaan di dalam kehidupan mereka.

Namun, kegiatan tersebut ternyata tak selalu menandakan sebuah kesibukan yang memang produktif. Ada kalanya orang yang terlihat sangat “sibuk” ternyata bukanlah orang produktif.

Tentu saja, orang yang lebih produktif memiliki cara berbeda dalam menyelesaikan permasalahan mereka dengan orang-orang yang sibuk. Di mana orang yang produktif lebih fokus terhadap sebuah pekerjaan sebelum melakukan hal-hal lainnya.

Jadi, tidak semua orang yang terlihat sibuk ini bisa dikategorikan sebagai orang-oang yang produktif. Lalu, apakah Anda termasuk orang yang sekadar sibuk atau memang produktif? Kenali ciri-cirinya berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Apakah Anda Bisa Menyelesaikan Pekerjaan dengan Baik?

Ciri-ciri penting untuk membedakan antara orang sibuk dan orang produktif adalah hasil pekerjaan yang mereka kerjakan. Orang yang produktif mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik.

Namun, orang yang sibuk sangat buruk dalam konsekuensi pekerjaan yang mereka kerjakan. Di mana mereka lebih sering berhenti atau teralihkan oleh kegiatan lain saat berusaha menyelesaikan sebuah tugas.

Padahal, orang-orang yang produktif akan selalu berusaha menyelesaikan pekerjaan mereka sesuai batas waktu yang direncanakan. Mereka akan berusaha menjalani dengan fokus dan menikmati setiap prosesnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Apakah Anda Punya Manajemen Waktu yang Baik?

Hal yang paling mencolok di antara banyak ciri-ciri orang sibuk dan orang yang produktif adalah masalah pembagian waktu. Orang-orang yang produktif selalu pandai dalam memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan sebuah aktivitas.

Jadi, mereka selalu berhasil dalam merencanakan bagaimana seharusnya mereka bisa membagi waktu dengan baik. Jadi dalam melakukan pekerjaan, orang produktif punya manajemen waktu.

Inilah salah satu perbedaan utama orang sibuk dan orang produktif. Di mana orang-orang yang sibuk hanya mementingkan kecepatan dalam penyelesaian sebuah kegiatan saja.

Orang yang produktif akan mengetahui kapan sebaiknya mereka mengerjakan pekerjaan penting dan kapan harus membiarkan dirinya beristirahat. Mereka mengerti bagaimana cara menyelesaikan sebuah tugas tanpa perlu memaksa tubuh dan pikiran secara berlebihan.

Berbeda dengan orang yang sibuk. Mereka akan terlihat selalu memaksakan tenaga maupun pikiran mereka untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Sehingga yang terjadi adalah sebaliknya, tidak bisa diselesaikan dengan efektif. 

Inilah salah satu alasan mengapa orang-orang sibuk seringkali memiliki anggapan, bahwa mereka tak punya banyak waktu tersisa. Padahal, jika Anda tidak bisa mengelola waktu dengan baik, maka sebuah pekerjaan saja tidak bisa dikerjakan dengan maksimal. 

3. Apakah Anda Punya Tujuan yang Lebih Terarah?

Ketika melakukan sebuah pekerjaan, maka orang produktif akan memiliki target yang terarah dan jelas. Mereka akan melakukan pekerjaan sesuai dengan perhitungan yang telah mereka pertimbangkan sebelumnya. 

Untuk memaksimalkan hasil dan waktu pengerjaan dari target mereka, maka orang produktif selalu menyiapkan segala sesuatunya. Jadi, mereka hanya perlu lebih fokus dan mewujudkan target dalam penyelesaian tugas tersebut.

Perencanaan yang terkelola dengan baik inilah yang membantu orang-orang produktif untuk tetap berhasil menyelesaikan tugas mereka dengan baik. Jadi, mereka hanya perlu fokus terhadap target dan memaksimalkan hasilnya.

Berbeda dengan orang-orang sibuk. Mereka hanya melakukan pekerjaan seadanya tanpa adanya perencanaan yang matang. Bahkan tak jarang orang sibuk tidak memiliki perencanaan yang jelas.

Orang-orang sibuk hanya memikirkan bagaimana cara untuk bisa dengan cepat menyelesaikan pekerjaan mereka. Tanpa mengenali pekerjaan itu sendiri. Dan hasilnya? Mereka tidak mampu menyelesaikannya dengan baik.

3 dari 3 halaman

4. Apakah Anda Punya dan Tahu Apa yang Harus Diprioritaskan?

Karena orang-orang yang produktif akan mempelajari dan merencanakan sebuah pekerjaan terlebih dahulu. Jadi, mereka akan mengetahui mana pekerjaan yang lebih diutamakan dan mana yang bisa dikerjakan setelahnya.

Prioritas terhadap pekerjaan yang akan dikerjakan terlebih dahulu akan disusun berdasarkan tingkatan kebutuhan atau urgensi waktu atas pekerjaan tersebut. Adanya skala prioritas dalam kehidupan mereka ini nantinya akan lebih memudahkan pekerjaannya. 

Jadi orang-orang yang produktif nantinya tidak akan terburu-buru lagi dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Sedangkan orang-orang sibuk cenderung melalaikan waktu atau tingkatan urgensi pekerjaan tersebut.

Sehingga, orang-orang sibuk lupa mana pekerjaan yang seharusnya dikerjakan terlebih dahulu. Mereka biasanya akan mengerjakan semua pekerjaan secara bersamaan. Dengan harapan semua pekerjaan tersebut bisa selesai dengan cepat.

5. Apakah Anda Bisa Lebih Fokus? 

Ketika dibandingkan dari segi fokus terhadap sebuah pekerjaan, maka orang sibuk dan orang produktif akan sangat berbeda. Kenapa? Karena orang sibuk akan sangat jarang fokus terhadap pekerjaan mereka.

Sedangkan orang yang produktif akan selalu menfokuskan waktu dan fikiran mereka untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Hal ini disebabkan oleh manajemen pengelolaan waktu yang amat baik. Mereka tahu kapan harus bekerja dan kapan berhenti.

Kualitas pekerjaan yang dihasilkan oleh orang-orang produktif akan jauh lebih baik. Karena, mereka mengetahui mana yang harus dilakukan dan meminimalisir tindakan yang tidak berguna. 

Intinya, ketika mereka bekerja, maka mereka akan fokus bekerja dan ketika beristirahat mereka berhenti bekerja dan menikmati waktu jam istirahat dengan baik.

Jadilah Produktif dan Dapatkan Hidup yang Lebih Baik

Lalu, bagaimana dengan Anda? Mau jadi orang yang terlihat sibuk atau produktif memang ada kiat-kiatnya. Sehingga tahu apa yang harus dan akan dilakukan. Jika selama ini Anda belum memenuhi kriteria di atas untuk menjadi orang yang produktif, perbaiki diri sekarang juga dan raihlah karier yang cemerlang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini