Sukses

Indonesia Ekspor Komponen Turbin Pembangkit Listrik ke Rusia dan Australia

Barata Indonesia ekspor komponen Turbin Pembangkit Listrik yang di produksi oleh Pabrik Komponen Turbin Divisi Pembangkit PT Barata Indonesia di Cilegon, Banten.

Liputan6.com, Jakarta PT Barata Indonesia (Persero) melakukan ekspor komponen Turbin Pembangkit Listrik yang di produksi oleh Pabrik Komponen Turbin Divisi Pembangkit PT Barata Indonesia di Cilegon, Banten. Negara yang jadi tujuan adalah Australia dan Rusia.

Produk yang diekspor ke Australia adalah Low Pressure Inner Casing (LPIC) 1x1.105 MW. Komponen pembangkit listrik buatan anak negeri ini akan digunakan untuk upgrading capacity pembangkit listrik AGL Energy kapasitas 2.210 MW (2x1.105 MW).

Pembangkit Listrik ini menyumbang sekitar 30 persen pasokan kebutuhan listrik di Victoria, Australia. Barata Indonesia melakukan pekerjaan fabrikasi, machining hingga assembling Turbin.

Pada saat yang sama, Barata juga akan mengekspor round condenser tipe 37/46 - 1TSS 124ax ke Rusia, yakni perusahaan Nizhnekamskneftekhim. Pada proyek ini Barata juga mengurus pengiriman, instalasi, serta pembuatan dua gas turbin SGT5-2000E, dua heat recovery steam generator dan alat pendukung lainnya.

"Kapasitas produksi Barata di Cilegon mencapai 10-12 ribu ton per tahun dan 500-600 ribu manhours," ujar Direktur Utama PT Barata Indonesia Oksarlidady Arifin kepada Liputan6.com di Cilegon pada Selasa (30/7/2019).

Pria yang akrab disapa Dady itu mengatakan bahwa ekspor komponen pembangkit listrik oleh Barata Indonesia akan terus ditingkatkan sebagai upaya dalam memperkuat posisi perseroan di bidang ekspor selain produk ekspor lainnya seperti komponen Kereta Api (Bogie ) yang rutin diekspor ke Mexico & Canada.

"Saya berharap Pabrik Komponen Turbin ini bisa melakukan hal yang sama dan menjadi salah satu tulang punggung ekspor produk yang dilakukan oleh Barata Indonesia,” ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Akuisisi Siemens

Hasil akuisisi Siemens tahun lalu juga berbuah manis. Kini, Barata selain mendapat pesanan dari klien Siemens, mereka juga dipercaya menerima pesanan komponen dari berbagai negara.

Sebelum melakukan ekspor ke Australia, Barata Indonesia juga telah melakukan ekspor komponen Pembangkit Listrik, ke berbagai negara seperti Condenser & LP Outer Casing (Brasil , Argentina & Pakistan), Komponen Blade Ring ( Panama, Argentina, Brazil & Pakistan ), Inner Casting (Bangladesh) Serta Combustion Chamber (Taiwan).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.