Sukses

Jangan Asal Atur Keuangan, Ketahui Prinsip ini Dulu!

Liputan6.com, Jakarta - Banyak perempuan muda masa kini yang mampu kelola keuangan cukup baik. Tapi tak sedikit mengutamakan gaya hidup yang bisa dibilang mewah atau hedon, sehingga tak terlalu peduli dengan pengelolaan keuangannya.

Perlu diketahui, kebiasaan mengelola keuangan dengan baik pasti akan membawa dampak positif untuk masa depan. Selain menjauhkan diri dari masalah keuangan, pengelolaan yang baik justru akan membuka peluang menjadi makin sukses.

Selain punya pengelolaan keuangan yang baik, mengetahui prinsip-prinsip keuangan itu sangat penting. Nah, apa saja prinsip-prinsip yang harus diketahui dalam mengatur keuangan?

Jangan asal atur keuangan, sebaiknya ketahui prinsip ini terlebih dahulu, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pahami tentang Keuangan dengan Baik

Menabung, membayar tagihan, memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan pos-pos keuangan lainnya harus diperhatikan dengan baik agar tidak muncul masalah pada keuangan.

Jika sudah memiliki pendapatan pribadi, jangan bergantung pada orang lain dan maksimalkan pengelolaan keuangan agar tidak sampai memiliki utang tidak produktif. Berbagi soal keuangan juga cukup membantu untuk membuat pengelolaan keuangan menjadi lebih baik.

Namun, karena diri Anda sendiri yang benar-benar paham dengan kondisi keuangan, sebisa mungkin ambil keputusan atas keperluan sendiri. Terencana dalam menggunakan uang juga penting untuk dilakukan agar sirkulasi tetap stabil.

Sebelum mengeluarkan uang terutama dalam jumlah yang besar, pikirkan dengan baik apakah itu benar-benar penting untuk kedepannya atau tidak. Hal tersebut juga menjadi tindakan preventif agar tidak menyesal setelah membuat keputusan pengeluaran.

2 dari 4 halaman

2. Ubah Pandangan tentang Uang

Sebagian orang memandang uang sebagai alat untuk mendatangkan kebahagiaan. Namun, bukan berarti seseorang harus mengeluarkan uang terus menerus agar bisa bahagia. Bukannya menjadi bahagia, kadang kebiasaan tersebut malah bisa merugikan dan menjadi beban bagi diri sendiri di masa depan.

Rancanglah rencana kebutuhan masa depan Anda agar tidak sampai menyalahgunakan uang yang dimiliki saat ini. Pikirkan dahulu apakah nantinya akan menempuh pendidikan lanjut atau merintis bisnis.

Selain agar masa depan memiliki tujuan, rancangan ini juga dapat memotivasi diri agar bisa mewujudkan rencana tersebut. Sehingga impian bukan sekadar angan semata.

3. Kurangi Belanja yang Tidak Perlu

Seringkali, tanpa pikir panjang beberapa perempuan membeli berbagai barang hanya untuk memenuhi hasrat berbelanja. Memang saat membelinya diri akan merasa senang. Tapi, jika dipikir lebih lanjut, hal tersebut hanyalah memberikan kesenangan sesaat.

Padahal, daripada membelanjakannya untuk hal yang kurang penting, menyimpannya di tabungan tentu menjadi pilihan yang lebih bijak, karena dapat bermanfaat untuk jangka panjang.

Belanja hal yang tidak perlu kadang disebabkan oleh kemudahan kartu kredit yang praktis dan tidak terasa. Belanja apapun bisa dilakukan dengan syarat membayar tagihannya setiap akhir bulan.

Karena kemudahan itulah kadang keinginan untuk belanja menjadi tidak terkontrol. Jika masih memiliki kebiasaan untuk berbelanja hal yang dirasa kurang perlu, cobalah untuk mulai mengurangi kebiasaan tersebut.

Kalaupun ada uang lebih dari hasil berbelanja, simpan saja ke tabungan daripada untuk membeli hal lain yang mubadzir. Selain dapat menjauhkan diri dari sikap boros, menabung tentu baik untuk masa depan, bukan?

3 dari 4 halaman

4. Selalulah Bersyukur, Jangan Mudah Iri

Melihat perempuan lain yang mendapat gaji lebih tinggi dari Anda kadang akan menimbulkan rasa iri. Tidak jarang juga akan memunculkan ungkapan, “Kenapa saya tidak bisa seperti dia?”

Perempuan-perempuan sukses umumnya meraih keberhasilan tidak secara instan. Mereka memiliki kemampuan yang baik pada hal yang mereka kerjakan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah, dan terus berkembang menjadi lebih baik.

Ditambah lagi dengan pengelolaan keuangan yang baik, mereka bisa menjadi pribadi yang semakin sukses. Jika mencari biografi di buku maupun internet tentang cerita perempuan-perempuan sukses, hampir setiap sumber memaparkan rahasia kesuksesan mereka.

Hal ini tentunya dapat menjadi motivasi untuk dilakukan oleh orang lain. Nah, daripada iri, lebih baik mengikuti dan menjalankan rahasia kesuksesan mereka, bukan?

5. Jangan Malas, Kembangkan Diri

Tidak hanya pengembangan kemampuan pengelolaan keuangan, Anda juga perlu mengiringinya dengan kegiatan pengembangan diri. Saat ini, tuntutan dalam dunia kerja menjadi semakin tinggi.

Jika kemampuan diri seseorang tetap statis dan tidak berkembang, tidak menutup kemungkinan orang lain yang lebih menonjol bisa menggantikan posisi seseorang tersebut.

Mengembangkan diri juga berarti mengarahkan diri sendiri mengejar kesuksesan yang lebih besar. Semakin baik kemampuan dalam diri seseorang, peluang untuk meningkatkan karier juga semakin besar, dan pendapatan pun pasti akan meningkat.

4 dari 4 halaman

6. Coba dan Jangan Tunda untuk Berinvestasi

Alternatif lain untuk mengelola uang demi kebutuhan masa depan selain menabung adalah dengan berinvestasi. Jika menabung hanyalah kegiatan menyimpan uang, investasi bisa menumbuhkan uang, sehingga menjadi lebih menguntungkan.

Berinvestasi tidak perlu menunggu untuk kaya terlebih dahulu. Misalnya saja berinvestasi dengan skema reksadana. Investasi yang cocok untuk pemula ini bisa dijalankan hanya dengan menyediakan budget minimal lima puluh ribu rupiah saja.

Jadilah Ahli Keuangan untuk Diri Sendiri

Dengan banyaknya sumber-sumber untuk belajar perihal menjaga keuangan, pastikan untuk menambah ilmu mengenai hal tersebut. Kembali ke poin satu, karena keputusan mengenai keuangan harus diambil sendiri.

Maka pastikan untuk benar-benar memahami bagaimana pengelolaan keuangan yang baik dan konsisten dalam menjalankan prinsip-prinsip keuangan. Intinya, jadilah ahli keuangan untuk diri sendiri. Jadi, untuk para perempuan masa kini, segeralah persiapkan diri sejak saat ini untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Modal yang Diperlukan untuk Jadi Miliarder
Artikel Selanjutnya
Jangan Asal, Ini Makanan yang Cocok Buat Ngemil di Kantor