Sukses

Tak Harus ke Laundry, Ini Cara Mudah Bersihkan Helm Sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Helm menjadi peralatan penting ketika berkendara. Jika Anda temasuk pengendara sepeda motor, maka bisa dipastikan tidak asing lagi dengan produk yang satu ini.

Bukan hanya untuk sekadar melengkapi penampilan berkendara, helm ini akan memberikan perlindungan di area kepala selama berkendara. Sebagaimana barang lainnya yang sering dipakai, helm juga bisa kotor dan bahkan berbau kurang sedap.

Wajar saja, mengingat helm digunakan selama berkendara di jalan raya, baik itu ketika kondisi cuaca sedang hujan atau sedang panas sekalipun. Lalu, bisakah helm ini dicuci dan dibersihkan kembali?

Bau pada helm biasanya timbul akibat keringat pada area kepala dan juga debu yang menempal selama helm digunakan di jalan. Kondisi helm yang seperti ini tentu tidak bisa dibersihkan dengan menggunakan kain lap saja, sebab bau tidak akan hilang.

Anda harus melakukan pencucian helm secara keseluruhan, untuk memastikan keringat dan sisa kotoran lainnya benar-benar bisa dihilangkan. Tidak perlu ke tempat khusus cuci helm, Anda juga bisa mencuci helm sendiri di rumah.

Selain lebih hemat biaya, cara ini juga akan memberi Anda kesempatan untuk memastikan bahwa helm tersebut benar-benar bersih dan sesuai harapan. Setidaknya, lakukanlah pencucian helm ini sekali dalam sebulan, sehingga kondisi helm bersih dan bebas bau.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencuci helm sendiri di rumah tanpa harus ke laundry, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Lepaskan dan Bersihkan Bagian Kaca Helm

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam proses pencucian helm ini adalah melepas bagian kaca helm (visor). Hal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Jika busa helm Anda juga bisa dilepas, maka lakukan hal tersebut setelah melepas bagian kaca. Namun jika ternyata helm Anda tidak menggunakan sistem “removable padding”, maka hindari untuk memaksa membuka busa helm tersebut, sebab hal ini bisa merusak kondisi helm. 

2 dari 3 halaman

2. Rendamlah Busa, Cuci, dan Jemur

Jika sudah dilepas, gunakanlah air sabun untuk merendam bagian busa helm. Diamkan rendaman ini setidaknya 30 menit, agar semua kotoran yang menempel lebih mudah untuk dibersihkan.

Sikatlah busa helm dengan lembut, menggunakan sikat yang berukuran kecil dan tidak kasar, lalu bilas hingga bersih. Selanjutnya, rendamlah busa helm ini dengan menggunakan pewangi pakaian sekitar 10 menit, agar tidak mudah bau keringat ketika dipakai kembali nanti.

Setelah direndam pewangi, peraslah busa helm dengan hati-hati, sehingga tidak menjadi rusak. Jemurlah busa ini di bawah terik matahari, sehingga bisa kering secara keseluruhan.

Hal ini penting, untuk menghindari bau yang kurang sedap akibat busa yang tidak kering dalam sehari. Sebelum mencuci helm, sangat penting untuk memastikan bahwa cuaca cukup cerah dan panas.

3. Bersihkan Kaca dan Cuci Bagian Luar Helm

Bersihkan kaca helm dengan menggunakan lap lembut terlebih dahulu, sehingga tidak menimbulkan gores pada permukaannya ketika dipoles. Jika sudah benar-benar bersih, poles dengan menggunakan wax, agar kaca helm kembali bening seperti baru dibeli.

Bukan hanya bagian dalamnya saja, bagian luar helm juga sangat penting untuk dibersihkan, sehingga kotoran dan debu bisa hilang. Cucilah bagian luar helm ini dengan menggunakan air bersih saja, sehingga stiker dan cat tidak mengalami kerusakan/goresan.

Jika sudah kering, lakukan pemolesan dengan menggunakan wax, sehingga permukaan helm mengkilap dan mulus kembali.

3 dari 3 halaman

4. Lakukan Pemasangan Ulang

Setelah semua langkah di atas dan busa helm sudah benar-benar dalam kondisi kering, maka Anda bisa mulai memasang kembali setiap bagian helm tersebut. Lakukan hal ini dengan hati-hati, agar tidak ada bagian yang rusak atau bahkan terlupakan.

Selain itu, pastikan setiap bagian terpasang dengan baik, sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. 

5. Semprot Helm dengan Pewangi

Jika semua bagian helm sudah terpasang dengan baik, maka jangan lupa untuk menyemprotkan pewangi ke bagian dalam helm tersebut. Pewangi ini akan membantu mengatasi bau dan juga berbagai kuman yang mungkin saja datang selama helm digunakan di jalanan.

Jika perlu, gunakanlah pewangi khusus yang mengandung desinfektan yang dapat membunuh kuman, sehingga helm bebas kuman dan bakteri selama digunakan nanti.

Cuci secara Teratur dan Gunakan dengan Nyaman

Helm menjadi salah satu peralatan penting saat berkendara. Pastikan Anda membiasakan diri untuk menjaga kebersihan dan mencuci helm yang kamu gunakan secara teratur, sehingga berbagai bau dan kotoran bisa dihilangkan. Setidaknya, lakukan hal ini secara teratur sekali dalam sebulan, sehingga helm tetap bersih dan nyaman ketika digunakan berkendara.

Loading
Artikel Selanjutnya
Lakukan ini biar Anak Tak Rewel Saat di Pesawat
Artikel Selanjutnya
Suka Liburan di Gunung atau Pantai? Cari Tahu Kepribadianmu di Sini