Sukses

7 Trik Menulis Email Agar Terlihat Profesional

Liputan6.com, Jakarta - Menulis email atau surat elektronik adalah kegiatan yang sering dilakukan khususnya untuk pekerja profesional yang akrab dengan dunia digital.

Kamu harus tahu, cara menulis email bisa menunjukkan seberapa profesional diri kamu. Orang akan melihat dari banyak hal seperti kalimat yang baik dan lainnya.

Bagaimana cara tulis email profesional itu? Yuk, simak ulasannya dari Swara Tunaiku!

1. Gunakan Alamat Email yang Profesional

Hal pertama dan kunci profesionalitasmu dalam menulis email terletak pada alamat email yang kamu gunakan. Kebanyakan perusahaan memang telah menyediakan layanan email untuk semua pegawai. Namun, ada juga tak tak menyediakannya. Bagi kamu yang termasuk tidak, sebaiknya gunakan alamat email yang profesional.

Maksud profesional ini adalah kamu tidak menggunakan nama alay dan nama samaran. Gunakan username dengan nama lengkapmu dan bukan nama panggilan atau nama akrab. Sebab, bila kamu tidak melakukannya, hal ini bisa membingungkan penerima email dan menunjukkan bahwa kamu tak profesional.

2. Subjek Harus Sesuai Isi Email

Hal lain yang harus diperhatikan adalah subjek email. Usahakan isi email sesuai dengan subjek. Sebab, subjek ini akan muncul di kolom kotak masuk email dan bila terdapat perbedaan, bisa muncul persepsi yang salah. Tulis subjek ringkas saja, tapi tetap deskritif dan sebisa mungkin tulis dengan bahasa menarik.

2 dari 4 halaman

3. Tata Bahasa yang Mudah Dipahami

Dalam menulis email profesional, baiknya  kamu menggunakan tata bahasa yang mudah dipahami. Hal ini bertujuan agar si penerima bisa dengan mudah mengerti.

Selain itu, tata bahasa yang digunakan juga bisa menunjukkan bagaimana karaktermu serta tingkat kepandaian dan tingkat profesionalitasmu.

4. Jangan Menulis Memakai Bahasa Inggris Bila Kamu Tak Menguasai Bahasa Inggris Formal

Ada lho, orang yang sengaja menulis email dalam bahasa Inggris dengan tujuan agar terlihat keren. Namun, kalau kamu tidak paham dengan bahasa Inggris formal alias hanya menggunakan bahasa Inggris serampangan, ada baiknya jangan gunakan. Sebab, hal itu malah akan membuat kamu terlihat tidak profesional dan membuat reputasi jelek.

3 dari 4 halaman

5. Selalu Mulai dan Akhiri dengan Salam

Ketika menulis email profesional, selalulah mulaikan menulis dengan salam atau sapaan semisal selamat pagi, atau Yth. Bapak XXX. Hal ini bertujuan agar si pembaca merasa email tersebut memang khusus dan kamu menghormatinya. Selain memulai, akhiri juga email tersebut dengan salam untuk membuat kesan yang baik padamu.

6. Hindari Salah Ketik

Salah ketik memang hal yang manusiawi. Namun, untuk urusan profesionalitas dan pekerjaan, ada baiknya kamu menghindari hal ini. Meski dianggap biasa, hal ini tidak berlaku untuk bisnis. Jadi, sebelum mengirim email, periksa kosakata dengan benar dan pastikan susunan huruf sudah benar karena salah ketik bisa timbulkan miss communication.

4 dari 4 halaman

7. Lengkapi dengan Signature Block

Tidak ada salahnya kamu melengkapi email dengan signature block. Hal ini penting sebab berisi penanda identitas yang valid dari si pengirim email dan ini juga bisa buat emailmu lebih profesional.

Kamu bisa menuliskan keterangan diri semisal nama lengkap, nama perusahaan, jabatan di kantor, alamat kantor hingga nomor telepon di signature block ini.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika menulis email profesional. Terlihat sepele, namun kalau tidak melakukannya, bisa-bisa rekan bisnis mengira kamu main-main dan tak profesional. Kalau sudah begini, citra kamu sendiri yang akan buruk dan bisa terjadi miss communication juga antara kamu dan rekan kerja.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ingin Punya Rumah Pribadi Setelah Menikah, Ikuti Tips Berikut!
Artikel Selanjutnya
Raih Omzet Rp 300 Juta Sebulan, Ini Rahasia Sukses Gudeg Penjompongan