Sukses

Solusi BTN Agar Milenial Bisa Punya Rumah Sendiri

Jumlah generasi milenial pada 2020 mendatang diperkirakan bakal mencapai 34 persen dari total populasi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menawarkan berbagai solusi agar generasi milenial bisa membeli dan memiliki rumah pribadi. Langkah ini diinisiasi di tengah jumlah ketersediaan lahan yang semakin terbatas.

Direktur Utama BTN Maryono menyampaikan, pihaknya pada 2015 lalu mendata adanya angka backlog di sektor perumahan mencapai 11,4 juta unit. Jumlah kebutuhan rumah tersebut terus bertambah sebanyak 400 ribu unit per tahun.

"Penyelesaian backlog Perumahan diharapkan bisa memiliki multiplier effect terhadap 136 subsektor industri yang berujung pada pertumbuhan PDB. Karena itu saya harapkan milenial supaya cepat-cepat punya rumah," kata dia dalam acara Indonesia Housing Forum di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Jumlah generasi milenial pada 2020 mendatang diperkirakan bakal mencapai 34 persen dari total populasi, yakni sekitar 90 juta jiwa. Namun, ia meyakini jumlah milenial yang memiliki rumah pribadi masih sedikit.

"Sekarang ini yang masih memiliki rumah masih rendah, terutama milenial. Rasio kepemilikan rumah Indonesia sekarang ini masih 2,9 persen dari PDB. Beda dengan Singapura yang sudah 44 persen dari PDB," jelas dia.

Oleh karenanya, BTN coba menyediakan berbagai program guna mendukung milenial membeli rumah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbagai Fasilitas

Pertama, yakni Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Gaeesss! dengan DP hanya 1 persen hingga tenor sampai 20 tahun.

"KPR Gaeesss! merupakan Kredit untuk pembelian rumah atau apartemen (KPA), baik dalam kondisi belum tersedia secara utuh (inden) maupun yang telah tersedia secara utuh (ready stock)," paparnya.

Secara persyaratan, ia menambahkan, milenial yang bisa ikut serta dalam program ini harus masih berusia antara 21-30 tahun, memiliki pendapatan/gaji tetap, serta punya pengalaman bekerja minimal 1 tahun.

Selain itu, BTN juga menyediakan program KPR Hits yang menawarkan tenor cicilan hingga 30 tahun, uang muka (Down Payment/DP) terjangkau, menggunakan sistem syariah, hingga pelunasan KPR lebih cepat dan tak dikenakan biaya penalti.

"BTN juga memiliki program BTM SiMuda Rumahku, tabungan untuk pemilikan rumah bagi mahasiswa dan pemuda. Tabungan ini bisa dipakai untuk menabung DP," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.