Sukses

Hati-Hati! Jangan Ucapkan 2 Kata Ini Saat Wawancara Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Wawancara kerja menjadi hal yang begitu menakutkan bagi para pencari kerja. Tak heran, akan banyak orang yang berusaha keras untuk mempersiapkannya. Namun, sayangnya terkadang banyak pencari kerja yang cenderung lepas kendali dalam berbicara ketika tahapan wawancara kerja sehingga mengucapkan hal-hal yang membahayakan dirinya.

Dilansir dari laman CNBC, ada suatu hal yang seharusnya tidak diucapkan selama tahapan wawancara kerja karena ini begitu fatal. Mau tahu apakah itu?

Hal itu adalah, "Batu loncatan".

Sering kali banyak pencari kerja mengucapkan, "Pekerjaan ini akan menjadi batu loncatan bagi saya". Jika Anda salah satu yang sering mengucapkan hal ini, maka berubahlah.

Dua kata ini adalah kesalahan fatal dan terbesar yang akan membahayakan kemungkinan Anda untuk diterima di perusahaan tersebut.

Selain itu, kata-kata ini juga akan menggambarkan diri Anda sebagai orang yang akuh. Meskipun memang harus bersikap percaya diri, namun jangan sekali-kali menunjukkan keangkuhan Anda ketika tahapan wawancara kerja.

Dengan begitu, sebaiknya lebih berhati-hatilah ketika sedang berada dalam tahapan wawancara. Cobalah untuk mengendalikan diri Anda agar hal ini tidak terjadi dan yang terpenting persiapkan lah diri sebaik mungkin.

2 dari 3 halaman

Jangan Lakukan 4 Hal Ini Usai Wawancara Kerja

Merasa bahagia dan lega usai wawancara kerja memang sangat wajar, namun janganlah terlalu berlebihan. Jika terlalu berlebihan ini akan berbahaya nantinya bagi posisi yang ingin Anda dapatkan.

Ada empat hal yang harus Anda hindari usai melakukan wawancara kerja. Mau tahu apa saja?

Dilansir dari laman Ladders, berikut empat hal yang jangan dilakukan setelah wawancara:

1. Jangan Panik

Tenanglah, jangan panik jika Anda belum juga mendapatkan panggilan kembali padahal sudah dua minggu berlalu. Cobalah untuk tenang dan berpikir jernih, dan istirahatkan diri Anda sejenak. Jangan langsung mencoba mencari pekerjaan lain lagi hanya karena takut pekerjaan yang sebelumnya tidak memanggil Anda.

Ini akan menggambarkan Anda sebagai orang yang pesimis. Yakinlah jika wawancara kemarin berjalan lancar, dan berilah waktu sedikit lagi sebelum Anda memulai untuk mencari pekerjaan baru lainnya lagi.

 

 

 

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

2. Jangan Melewati Batas Media Sosial

Hati-hatilah dengan sosial media. Jangan sekali-kali mencoba melewati batas. Dengan dalih ingin menambah jumlah pertemanan di sosial media, Anda menjadi lancang untuk mengikuti pewawancara bahkan calon atasan melalui sosial media. Ini akan membuat Anda terlihat seperti tidak ada etika dan tidak tahu batasan.

3. Hindari Mendaftar di Perusahaan yang Sama

Meskipun berbeda posisi, namun hindarilah mendaftar di perusahaan yang sama. Ini akan membuat kualitas diri Anda menurun di hadapan pewawancara nantinya. Dari sini terlihat akan ketidak konsistenan Anda untuk bekerja.

4. Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih

Jangan tunggu ada panggilan lagi baru mengucapkan 'terima kasih'. Lakukanlah ini sesegera mungkin setelah Anda melakukan wawancara karena ini bisa saja menjadi penilaian lebih untuk Anda. Dari hal ini, Anda akan dinilai memiliki etika yang baik terhadap atasan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ditanya Mengapa Resign saat Wawancara Kerja? Ini 5 Jawaban Terbaik
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati! Hindari 6 Kesalahan Ini saat Wawancara Kerja