Sukses

Pecahkan Rekor, Jersey Pemain Baseball Babe Ruth Laku Rp 80 Miliar

Jersey ini sudah ada sejak 1920-an ketika Babe Ruth berada dalam Hall of Frame.

Liputan6.com, Jakarta - Babe Ruth, pemain baseball legendaris ini selalu saja membuat rekor sepanjang kariernya.

Baru-baru ini, jersey langka milik Babe Ruth yang diberikan oleh Sultan Swat baru saja laku terjual USD 5,64 juta atau Rp 80,3 miliar (Kurs USD 1=Rp 14. 345) saat lelang yang diselenggarakan oleh Hunt Aucticons pada Sabtu lalu di Yankee Stadium. Tentunya, jersey ini menjadi baju olahraga termahal yang pernah ada.

Dilansir dari laman ABC News, hingga saat ini identitas pembeli belum juga diungkap. Ternyata, penjualan termahal pada Sabtu lalu ini mengalahkan penjualan jersey sebelumnya yang laku terjual USD 4,4 juta atau Rp 63,1 miliar pada 2012.

Jersey ini sudah ada sejak 1920-an ketika Babe Ruth berada dalam Hall of Frame. Jersey ini juga menjadi saksi ketika dirinya mencapai setidaknya 45 kali homers dari 1926 hingga 1931.

"Setiap kali saya dihadapkan dengan sejarah Jersey, Jersye milik Babe Ruth ini lah yang begitu mencolok karena begitu membawa potongan sejarah kesuksesannya yang amat luar biasa selama satu dekade," ujar Dave Grob pihak SGC yang mengotentikasi jersey-jersey bersejarah.

Jersey yang tidak memiliki garis-garis layaknya jersey pada umumnya ini memiliki warna abu-abu, dan bertuliskan "YANKEES" yang terpampang pada bagian depannya. Jersey ini hanya digunakan sejak 1926 hingga 1931.

Bukan di Yankees, tapi di Boston Braves lah Babe Ruth pensiun atau tepatnya pada 1935. Ia meninggal pada 1948 pada usia 53 tahun. Ia juga merupakan anggota perdana Hall of Frame pada 1936.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kopi Termahal di Dunia, Satu Cangkir Dibanderol Rp 1 Juta

Maukah Anda membayar lebih dari Rp 1 juta hanya untuk secangkir kecil kopi? Lumayan mahal bukan? Kopi yang hanya ada di Klatch Coffee, San Fransisco ini menjadi secangkir kopi termahal yang pernah dijual di dunia.

Dilansir dari laman Fox5, kopi yang diberi nama Elida Geisha Natural ini secangkir kecil dijual seharga USD 75 atau Rp 1,07 juta (Kurs USD 1 = Rp 14.365). Kopi ini bisa menjadi begitu mahal, karena biji kopinya pun dijual dengan harga USD 803 atau Rp 11,5 juta per poundnya.

Ternyata biji kopi ini hanya ada 100 pound di dunia, dan kedai kopi Klatch berhasil memiliki 10 pound biji kopi ini. Sementara sisanya berada di Jepang, Cina dan Taiwan.

Kopi ini juga menjadi Best Coffee of Penama yang terbaru. Kopi ini juga salah satu kopi langka karena kopi Arabika yang berasal dari Ethiopia.

Kopi ini memiliki aroma dan rasa yang juga unik. Ketika meminum kopi ini akan ada aroma melati, tebu dah buah aprikot yang tercium.

Pengolahan biji kopi ini begitu alami karena sama sekali tidak memakai mesin untuk memecah biji kopinya. Dari proses ini lah yang membuat cita rasa kopi ini semakin menarik.

Ternyata kedai kopi Klatch ini sudah ada sejak 1993, dan terdapat enam cabang di California.

3 dari 3 halaman

Kisah Jenderal Nigeria yang Jadi Miliarder Berkat Bisnis Minyak

Sebelumnya, miliarder Theoplius Najuma (80) memiliki jalan hidup yang amat panjang. Ia sempat melawan kudeta, berkarier panjang di militer, hingga masuk ke bisnis perminyakan.

Dilansir dari Bloomberg, Najuma lahir pada 1938, pada tahun yang sama ketika Royal Dutch Shell mendapatkan lisensi untuk mengeksplorasi minyak di Negeria.

60 tahun kemudian, Najuma juga mendapatkan izin mengeksplorasi ladang minyak dengan membayar sebesar USD 25 juta atau setara Rp 554,6 miliar jika disesuaikan inflasi.

Bisnisnya di dunia minyak inilah yang mengantarnya menjadi miliarder. Akan tetapi sebelum itu, ia pernah masuk militer setelah drop out dari bangku kuliah. Najuma juga pernah terlibat di kontra-kudeta pada Juli 1966.

Kontra-kudeta itu adalah balasan dari kudeta Nigeria pada bulan Januari di tahun yang sama. Karier Najuma pun terus mulus hingga menjadi Kepala Staf.

Ia meninggalkan militer pada tahun 1979 untuk mendirikan perusahaan shipping NAL-Comet. Pada tahun 1999 ia bahkan berhasil menjadi Menteri Pertahanan.

Ada banyak kudeta militer yang terjadi di Nigeria, ekonomi negara itu juga masih tergolong rendah. Namun, Danjuma ternyata dihormati oleh kalangan politisi maupun militer.

"Ia cukup dihormati dan hampir dipandang sebagai tetua di lingkar politik. Kalangan militer juga memberikannya penghormatan tinggi bahwa ia bisa membantu transisi Nigeria ke pemerintahan militer menuju demokrasi," ujar Pallavi Roy dari London's School of Oriental and African Studies.

Bloomberg Billionaire Index mencatat kekayaan miliarder ini mencapai USD 1,2 miliar atau Rp 16,9 triliun (USD 1 = Rp 14.148). Ia juga menjanjikan donasi USD 100 juta (Rp 1,4 triliun) untuk meningkatkan kesehatan mata, tingkat membaca, dan petani perkampungan di negaranya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.